FATHRIKA, ANNISA (2022) KEMAMPUAN JUSTIFIKASI MATEMATIS SISWA SMP PADA MATERI OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.
|
Text
COVER.pdf Download (16kB) | Preview |
|
Text
BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (252kB) | Request a copy |
||
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (99kB) | Request a copy |
||
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (198kB) | Request a copy |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (304kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan justifikasi matematis siswa SMP dalam menyelesaikan soal-soal yang berkaitan dengan materi operasi hitung bentuk aljabar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang subjeknya terdiri dari siswa kelas VIII. 11 SMP Negeri 01 OKU. Data dikumpulkan melalui soal tes kemampuan justifikasi dan wawancara. Kemudian data dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan model Milles dan Huberman yang meliputi mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Kemampuan justifikasi memiliki 5 indikator yaitu calculation (perhitungan), labels (label atau tanda), evidence (pembuktian), answer the question (menjawab pertanyaan), dan reason why (memberikan alasan). Hasil penelitian diperoleh bahwa kemampuan justifikasi siswa tersebar dalam tipe justifikasi mulai dari level 0 sampai level 4. Pencapaian indikator kemampuan justifikasi matematis siswa juga beragam. Justifikasi yang dilakukan oleh siswa yang memiliki kemampuan tinggi beberapa belum bisa memenuhi indikator kemampuan justifikasi matematis dalam hal evidence (membuktikan). Justifikasi yang dilakukan oleh siswa yang memiliki kemampuan sedang beberapa belum bisa memenuhi indikator kemampuan justifikasi matematis dalam hal answer the question (menjawab pertanyaan) dan reason why (memberikan alasan). Justifikasi yang dilakukan oleh siswa yang memiliki kemampuan rendah beberapa belum bisa memenuhi indikator kemampuan justifikasi matematis dalam hal labels (label atau tanda), answer the question (menjawab pertanyaan), dan reason why (memberikan alasan). Siswa masih mengalami kesulitan dalam menjawab soal-soal matematika materi aljabar yang disajikan dalam bentuk soal cerita. Kata Kunci: kemampuan justifikasi matematis, kemampuan siswa, aljabar
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika 500 Sains dan Matematika > 510 Matematika |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84202 - Pendidikan Matematika |
Depositing User: | ANNISA FATHRIKA |
Date Deposited: | 09 Jan 2023 02:24 |
Last Modified: | 09 Jan 2023 02:24 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/24483 |
Actions (login required)
View Item |