OVIYANTI, FITRI and Hasbi, Muhammad and Ibrahim, Ibrahim (2018) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Penelitian Dosen Prodi PAI Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembang Tahun 2017. El-Idare; Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4 (1). pp. 19-34. ISSN 2461-0674
|
Text
Faktor Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Penelitian Dosen.pdf Download (669kB) | Preview |
Abstract
Artikel ini membahas tentang faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja penelitian dosen Prodi PAI Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah palembang Tahun 2017, studi pendahuluan pada bulan Februari 2017, di Prodi PAI menunjukkan data bahwa jumlah dosen tetap berstatus PNS adalah 26 orang dengan kualifikasi akademik S2 lima belas orang, dan S3 11 orang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan informan kunci dosen-dosen tetap PNS Prodi PAI yang dipilih berdasarkan pertimbangan peneliti (purpossive sampling) mewakili kepangkatan lektor, lektor kepala dan guru besar. Teknik pengumpulan data yang utama adalah wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data digunakan menurut Miles dan Huberman, meliputi data reduction, data display, dan conclusion/verification. Hasil yang didapatkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja penelitian dosen prodi PAI FITK UIN Raden Fatah Palembang cukup bervariasi. Setidaknya ada beberapa faktor, yaitu faktor kemampuan (kompetensi), motivasi berprestasi, motivasi ekonomi, kebijakan, dan ada juga faktor kepribadian. Namun, dari kelima faktor tersebut, yang mendominasi tampaknya hanya tiga faktor, yaitu kompetensi, motivasi berprestasi, motivasi ekonomi, dan kebijakan. Kata Kunci: Kinerja, Penelitian Dosen
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 10 Jan 2023 00:57 |
Last Modified: | 10 Jan 2023 00:57 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/24518 |
Actions (login required)
View Item |