Supervisi Kurikulum Merdeka di Pondok Pesantren Ahlul Qur’an Palembang

Ahmad, Zainuri and Yunita, Yunita and Rika, Hasmayanti Agustina and Ahmad, Johari (2022) Supervisi Kurikulum Merdeka di Pondok Pesantren Ahlul Qur’an Palembang. YUME : Journal of Management, 5 (3). pp. 544-511. ISSN 2614-851X

[img]
Preview
Text
3388-9410-1-PB.pdf

Download (214kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan supervisi dalam penerapan kurikulum merdeka di Pondok Pesantren Ahlul Qur'an di Palembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa dalam supervisi kurikulum terdapat rencana penerapan kurikulum merdeka di Pondok Pesantren Ahlul Qur'an di Palembang dengan menentukan rancangan rancangan supervisi kurikulum sebelum melaksanakan supervisi kurikulum Kemudian pelaksanaan supervisi kurikulum dalam penerapan kurikulum merdeka di Pondok Pesantren Ahlul Qur'an di Palembang terkendala pada saat pelaksanaan karena kurikulum mandiri terlalu dini untuk diterapkan dan rata-rata masih menggunakan kurikulum 13 sehingga diperlukan evaluasi untuk menindaklanjuti apa yang perlu diperbaiki. Dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan supervisi klinis dalam implementasi Kurikulum Bebas Belajar dapat terlaksana dengan optimal apabila terdapat teknik penerapan yang baik. Sosialisasi penerapan kurikulum Merdeka Belajar juga perlu disosialisasikan dengan sebaik-baiknya agar kurikulum Merdeka Belajar dapat dilaksanakan dengan baik

Item Type: Article
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 370 Pendidikan > Kurikulum
Depositing User: PPS Pasca Sarjana
Date Deposited: 10 Jan 2023 02:54
Last Modified: 10 Jan 2023 02:54
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/24537

Actions (login required)

View Item View Item