ANALISIS MINAT MAHASISWA ANGKATAN 2020-2021 DALAM MEMILIH PROGRAM STUDI ILMU PERPUSTAKAAN DI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG

Putri, Dyan Sariranau (2022) ANALISIS MINAT MAHASISWA ANGKATAN 2020-2021 DALAM MEMILIH PROGRAM STUDI ILMU PERPUSTAKAAN DI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
cover.docx

Download (28kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (15kB)
[img] Text
BAB I.docx
Restricted to Registered users only

Download (59kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.docx
Restricted to Registered users only

Download (51kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Registered users only

Download (59kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Registered users only

Download (58kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Registered users only

Download (18kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai minat mahasiswa angkatan 2020-2021 dalam memilih program studi Ilmu Perpustakaan di Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa yang menjadi minat mahasiswa angkatan 2020-2021 dalam memilih program studi ilmu perpustakaan di Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, dan untuk mengetahui faktor yang lebih mempengaruhi minat mahasiswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan pengambilan sampel yaitu total sampling dimana terdapat 137 sampel penelitian. Teknik pengumpulan data yaitu dengan kuesioner menggunakan skala likert dengan lima alternatif jawaban dari sebuah pernyataan atau angket, dan dokumentasi. Data yang didapat di analisis dengan menggunakan rumus grand mean kemudian menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat enam faktor yang mempengaruhi minat mahasiswa dalam memilih program studi ilmu perpustakaan, yaitu : (a) diri sendiri dengan indikator ketertarikan dari diri sendiri dengan nilai tertinggi yang diperoleh 4.61, (b) kemampuan ekonomi dengan indikator pertimbangan ekonomi keluarga dengan nilai tertinggi diperoleh 4.18, (c) keluarga/orangtua dengan indikator berupa nasehat dari keluarga dengan nilai tertinggi 3.46, (d) citra universitas dengan dua indikator pandangan masyarakat dan citra universitas dalam segi pendidikan yang sudah baik diperoleh nilai yang sama yaitu 4.53, (e) sekolah asal dengan indikator saran dari guru bimbingan konseling diperoleh nilai tertinggi 3.64, (f) prospek kerja dengan indikator kebutuhan tenaga pustakawan & ahli informasi diperoleh dengan nilai 4.35. didapatlah hasil bahwa faktor dari diri sendiri yang paling berpengaruh dalam memilih program studi ilmu perpustakaan dengan kategori nilai SANGAT TINGGI yang dibuktikan dalam uji analisis yang telah dilakukan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: minat, program studi, perpustakaan.
Subjects: Adab dan Humaniora > Ilmu Perpustakaan
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > 71401 - Ilmu Perpustakaan
Depositing User: DYAN SARIRANAU PUTRI
Date Deposited: 10 Jan 2023 07:04
Last Modified: 10 Jan 2023 07:04
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/24543

Actions (login required)

View Item View Item