The Evaluation of National Qualification Framework Curriculum (KKNI) at UIN Raden Fatah Palembang

OVIYANTI, FITRI and Indrawati, Indrawati and Rochmiatun, Siti and Huzaimah, Arne and Zuhdiyah, Zuhdiyah and Alfurqan, Alfurqan (2020) The Evaluation of National Qualification Framework Curriculum (KKNI) at UIN Raden Fatah Palembang. Ta'dib;, 23 (2). pp. 201-212. ISSN 1410-8208

[img]
Preview
Text
The Evaluation of National Qualification.pdf

Download (800kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi pelaksanaan kurikulum berbasis KKNI. Penelitian ini merupakan studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik Miles dan Huberman. Dari hasil analisis data ditemukan bahwa 1). Pada aspek variabel konteks, persepsi dosen dan mahasiswa tentang penerapan kurikulum berbasis KKNI sudah baik, namun tenaga kependidikan kurang baik, 2). dari segi variabel masukan dilihat dari tiga hal yaitu; visi dan misi, sosialisasi KKNI, dan manajemen pembelajaran. Visi dan Misi UIN mendukung KKNI, sosialisasi KKNI sangat intens di UIN Raden Fatah, manajemen yang baik mendukung sosialisasi KKNI 3). Dari aspek variabel proses, dalam proses pembelajaran dosen Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FITK) cenderung menerapkan pembelajaran yang berpusat pada siswa. Sedangkan dosen Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) masih cenderung menerapkan proses pembelajaran yang berpusat pada guru, dan 4). Dilihat dari variabel produk, prestasi belajar siswa sangat baik.

Item Type: Article
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 370 Pendidikan > Kurikulum
Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 10 Jan 2023 07:06
Last Modified: 10 Jan 2023 07:06
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/24545

Actions (login required)

View Item View Item