PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP ANAK YANG LAHIR DARI PERKAWINAN BELUM TERCATAT MELALUI SURAT PERNYATAAN TANGGUNG JAWAB MUTLAK (SPTJM)

Puspitasari, Desy and Huzaimah, Arne and Ifrohati, Ifrohati (2023) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP ANAK YANG LAHIR DARI PERKAWINAN BELUM TERCATAT MELALUI SURAT PERNYATAAN TANGGUNG JAWAB MUTLAK (SPTJM). Noer Fikri Offset, Palembang. ISBN 978-602-447-999-2

[img]
Preview
Text
Buku Perlindungan Anak SPTJM (1).pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Perlindungan hukum terkait pemenuhan identitas anak adalah hak paling dasar yang harus dimiliki setiap anak tanpa membedakan status anak tersebut. Terkait anak yang lahir dari perkawinan belum tercatat maka upaya yang dilakukan dalam memberikan hak terkait identitas ialah melalui kebijakan berupa penggunaan SPTJM sebagai pengganti buku nikah/kutipan akta perkawinan yang tidak dapat dipenuhi dalam pencatatan kelahiran. Penelitian ini ingin menjelaskan Bentuk perlindungan hukum terhadap anak yang lahir dari perkawinan belum tercatat melalui SPTJM dan tinjauan hukum Islam terhadap adanya SPTJM sebagai langkah perlindungan hukum terhadap anak yang lahir dari perkawinan belum tercatat. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa penggunaan SPTJM diberlakukan sebagai upaya memberikan perlindungan terhadap pemenuhan hak identitas bagi anak yang lahir dari perkawinan belum tercatat dengan syarat status hubungan orangtua sudah tercantum dalam KK sebagai pasangan suami istri. Kebijakan pemerintah ini memungkinkan seorang anak yang lahir dari perkawinan belum tercatat tetap mendapatkan hak identitas dengan tambahan frasa “yang perkawinannya belum tercatat sesuai dengan perundang-undangan”. Adanya kebijakan berupa upaya perlindungan anak yang lahir dari perkawinan belum tercatat melalui SPTJM ini adalah sebuah kemudahan yang diciptakan demi kemaslahatan umat dalam pencatatan kelahiran.

Item Type: Book
Uncontrolled Keywords: Anak, Perkawinan Belum Tercatat, SPTJM
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74230 - Hukum Keluarga Islam (Ahwal Syakhshiyyah)
Depositing User: Arne Huzaimah
Date Deposited: 04 Apr 2023 01:31
Last Modified: 04 Apr 2023 01:31
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/24559

Actions (login required)

View Item View Item