TADARUSAN KELILING PADA BULAN RAMADHAN DI RADIO REPUBLIK INDONESIA PALEMBANG DENGAN PONDOK PESANTREN AHLUL QUR’AN PALEMBANG SUMATERA SELATAN (Study Living Qur’an)

Ningsih, Ratih Rosia (2022) TADARUSAN KELILING PADA BULAN RAMADHAN DI RADIO REPUBLIK INDONESIA PALEMBANG DENGAN PONDOK PESANTREN AHLUL QUR’AN PALEMBANG SUMATERA SELATAN (Study Living Qur’an). Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana “Tadarusan pada Bulan Ramadhan di Radio Republik Indonesia Palembang dengan Pondok Pesantren Ahlul Qur’an Palembang Sumatera Selatan (Study Living Qur’an)” Pembahasn dalam Skripsi ini di latar belakangi dari rasa ingin tahu penulis terhadap cara pelaksanaan tadarusan yang dilakukan dengan pihak media RRI Palembang yang telah dilakukan selama delapan tahun berturut-turut. Sehingga dalam proses tadarusan ini tentunya akan menimbulkan sebuah dampak bagi RRI, masyarakat, dan santri Ponpes Ahlul Qur’an. Pada Skripsi ini ada dua rumusan masalah. Penelitian ini menemukan bagaimana proses pelaksanaan dan dampak tadarusan di RRI Palembang dengan Pondok Pesantren Ahlul Qur’an Palembang Sumatera Selatan. Untuk Penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian lapangan ( field research ) dengan menggunakan metode kualitatif dan pengumpulan data melalui: observasi, wawancara, dokumentasi. Serta menggunkan pendekatan sosiologis. Kesimpulannya, proses pelaksanaan tadarusan oleh RRI dengan Pondok Pesantren Ahlul Qur’an dilakukan secara keliling dari masjid ke masjid selama bulan Ramadhan, serta Dampak kegiatan tadarusan ini adalah jangkauan dalam mensyiarkan agama dan menghidupkan malam pada bulan suci Ramadhan menjadi lebih luas, mengajak masyarakat untuk belajar Al-Qur’an, sebagai wadah bagi para santri untuk mengaplikasikan ilmu yang telah dipelajari di Pondok Pesantren Ahlul Qur’an, serta menjadi salah satu cara bagi santri untuk mengingat hafalan Al-Qur’an. Kata Kunci : Tadarus, Al-Qur’an, RRI, Pesantren Ahlul Qur’an

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Tadarus, Al-Qur'an, RRI, Pesantren Ahlul Qur’an
Subjects: Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam > 76231 - Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir (S1)
Depositing User: RATIH ROSIA NINGSIH
Date Deposited: 16 Jan 2023 01:26
Last Modified: 16 Jan 2023 01:26
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/24587

Actions (login required)

View Item View Item