HOMOSEKSUAL DALAM Q.S AL-A’RAF AYAT 80-84 PERSPEKTIF TAFSIR IBNU KATSIR DAN AL AZHAR DAN HUBUNGANNYA DENGAN MASA KINI (Studi Tafsir Muqarin)

RAHMA JUWITA, RAHMA (2023) HOMOSEKSUAL DALAM Q.S AL-A’RAF AYAT 80-84 PERSPEKTIF TAFSIR IBNU KATSIR DAN AL AZHAR DAN HUBUNGANNYA DENGAN MASA KINI (Studi Tafsir Muqarin). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB 1-5 RJ.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Judul penelitian ini adalah “Homoseksual dalam Q.S Al-A’raf ayat 80-84 Perspektif Tafsir Ibnu Katsir dan Al-Azhar dan Hubungannya dengan Masa Kini (Studi Tafsir Muqarin)”. Homoseksual (liwath) merupakan perbuatan asusila yang sangat tercela dan hina yang mana menunjukkan pelakunya mengalami penyimpangan psikologis dan tidak normal. Homoseksual sudah menoreh sejarah untuk umat manusia, terkhususnya umat Islam yang tertuang dalam kisah kaum Nabi Luth As. Di era sekarang terutama era gen Z ini sudah sangat marak kaum homoseksual di kalangan masyarakat baik di Indonesia maupun di luar Negeri. Kaum homoseksual pada saat ini sudah tidak malu-malu dan sembunyi-sembunyi untuk melakukan hubungan yang keji itu. Kaum homoseksual menunjukkan dengan percaya diri hubungannya di media sosial seperti “instagram, tiktok, twitter dan lain-lain.” Kendati homoseksual itu sendiri memiliki banyak dampak negatif salah satunya adalah penyakit AIDS dan akan mengancam kepunahan generasi manusia. Jenis penelitian ini adalah Studi Kepustakaan (Library Research) dengan menggunakan metode tafsir muqarin. Sebagai data primer atau sumber utama dalam penelitian ini adalah kitab tafsir Ibnu Katsir dan kitab tafsir Al-Azhar.dan buku-buku yang berkaitan langsung dengan pokok permasalahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penafsiran dari buya Hamka dan Ibnu Katsir yang mana membandingkan penafsiran kedua mufassir tersebut, serta bertujuan untuk mengenal lebih dalam bagaimana dampak negatif yang ditimbulkan dari perbuatan homoseksual. Kata Kunci: Homoseksual (Liwath), Dampak Negatif, Penafsiran, Media Sosial.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam > 76231 - Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir (S1)
Depositing User: Rahma Juwita -
Date Deposited: 16 Jan 2023 01:27
Last Modified: 16 Jan 2023 01:27
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/24601

Actions (login required)

View Item View Item