Analisis Efektivitas Sosialisasi Terhadap Penghimpunan Zakat di Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah (LAZISMU) Kota Palembang

Putri, Tesa (2022) Analisis Efektivitas Sosialisasi Terhadap Penghimpunan Zakat di Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah (LAZISMU) Kota Palembang. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
skripsi tesa putiH (1).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Judul dalam penelitian ini adalah “Analisis Efektivitas Sosialisasi Terhadap Penghimpunan Dana Zakat di Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah (LAZISMU) kota Palembang”. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk mengetahui mekanisme Sosialisasi penghimpunan dana zakat di Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah (LAZISMU) kota Palembang dan efektivitas sosialisasi terhadap penghimpunan dana zakat di Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah (LAZISMU) kota Palembang. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif yaitu, prosedur penelitian atau pemecahan masalah yang diselidiki dengan gambaran subjek atau objek yang digunakan berupa orang, lembaga, masyarakat dan yang lainnya. Adapun sumber data yang diambil dalam penelitian ini adalah jenis data primer dan sekunder diperoleh atau dikumpulkan oleh peneliti dari hasil penelitian, melalui hasil wawancara, catatan lapangan, dan bahan-bahan lainnya sehingga penelitian ini mudah untuk dipahami. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Mekanisme sosialisasi terhadap penghimpunan dana zakat yang dilakukan Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah (LAZISMU) Kota Palembang yaitu antara lain: pertama, menetukan target sasaran; kedua, menyusun jadwal sosialisasi; ketiga, menentukan tema yang menarik; keempat, menetukan pemateri yang tepat; kelima, membuat surat izin dan koordinasi prihal pelaksanaan sosialisasi; serta keenam, mendatangi lembaga/instansi dan melakukan sosialisasi. (2) Efektivitas sosialisasi terhadap penghimpunan dana zakat yang dilakukan Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah (LAZISMU) Kota Palembang belum efektif, dikarenakan untuk mengukur efektif atau tidak lembaga tersebut dilihat dari target terhimpunan dana zakat yang dicapai. Belum dikenalnya Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah (LAZISMU) kota Palembang mengakibatkan minimnya kepercayaan masyarakat untuk menyalurkan kewajiban zakatnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Sosialisasi, Penghimpunan Dana Zakat
Subjects: Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 74236 - Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: TESA PUTRI 1820604064
Date Deposited: 17 Jan 2023 01:18
Last Modified: 17 Jan 2023 01:18
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/24617

Actions (login required)

View Item View Item