EFEKTIVITAS PROGRAM PELAYANAN KESEHATAN GRATIS (STUDI PADA KLINIK LAYANAN KESEHATAN CUMA-CUMA (LKC) DOMPET DHUAFA SUMATERA SELATAN

AFRIANA, AYU (2023) EFEKTIVITAS PROGRAM PELAYANAN KESEHATAN GRATIS (STUDI PADA KLINIK LAYANAN KESEHATAN CUMA-CUMA (LKC) DOMPET DHUAFA SUMATERA SELATAN. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
SKRIPSI FULL.doc
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pandemi Covid-19 pada tahun 2020, sangat berdampak pada kesehatan masyarakat, dan berdampak pada perekonomian masyarakat, banyak tenaga kerja yang di PHK, pedagang UMKM bangrut sehingga penghasilan masyarakat kecil pun terkena imbasnya. Maka ini berdampak terhadap meningkatnya jumlah kemiskinan. Dalam Islam, zakat merupakan salah satu alternatif untuk menciptakan pemerataan dan keadilan bagi masyarakat, sehingga taraf kehidupan masyarakat dapat ditingkatkan, salah satunya untuk menekan angka kemiskinan, dengan memanfaatkan dana zakat tersebut. Dana yang dikumpulkan lewat zakat diperuntukkan untuk delapan asnaf, terutama fakir miskin.Tujuan penelitian ini adalah bagaimana Pelaksanaan Penggunaan Dana Zakat untuk Program Pelayanan Kesehatan Gratis (Studi Pada Klinik Layanan Kesehatan Cuma-Cuma) Dompet Dhuafa Sumatera Selatan serta bagaimana Efektifitas Program Pelayanan Kesehatan Gratis (StudiPad Klinik Layanan Kesehatan Cuma-Cuma) Dompet Dhuafa Sumatera Selatan. Jenis penelitian ini termasuk penelitian metode kualitatif. Adapun pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan metode Observasi, Wawancara dan Dokumentasi yang dilakukan pada Klinik LKC Dompet Dhuafa Sumatera Selatan.Teknik analisis data yang digunakan analisis data Model Interaktif dari Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini, bahwa penggunaan dana zakat terhadap Program Kesehatan LKC Dompet Dhuafa Sumatera Selatan telah terealisasi dengan baik dan sangat berperan penting untuk kaum dhuafa yang membutuhkan. Pengobatan gratis yang diberikan oleh pihak Klinik LKC Dompet Dhuafa Sumatera Selatan dapat membantu meringankan kaum dhuafa yang kesulitan dalam membayar biaya berobat yang mahal. Selain itu,pengembangan yang dilakukan Program Kesehatan Klinik LKC Dompet Dhuafa Sumatera Selatan berdasarkan Indikator Efektivitas Program sudah bisa dikatakan efektif. Karena pelayanan baik yang diberikan kepada kaum dhuafa menciptakan kesejahteraan dalam hal pelayanan kesehatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Zakat. Pelayanan, Kesehatan, Kemiskinan dan Kesejahteraan
Subjects: Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 74236 - Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: AYU AFRIANA 1820604030
Date Deposited: 17 Jan 2023 01:18
Last Modified: 17 Jan 2023 01:18
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/24622

Actions (login required)

View Item View Item