Pembelajaran Bahasa Arab Menggunakan Kitab Allubab Finnahwi Wa Shorfi Di Pondok Pesantren Alfalah Sukamaju Sungai Lilin

FEBRIATI, DWIRIA (2022) Pembelajaran Bahasa Arab Menggunakan Kitab Allubab Finnahwi Wa Shorfi Di Pondok Pesantren Alfalah Sukamaju Sungai Lilin. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text (Pembelajaran Bahasa Arab Menggunakan Kitab Allubab Finnahwi Wa Shorfi di Pondok Pesantren Alfalah Sukamaju Sungai Lilin)
SKRIPSI WORD DWI RIA FEBRIATI (1910204022).pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Kitab Allubab digunakan guru untuk membantu memahami, menguasai dan mempelajari materi nahwu dan shorof dengan cepat dan mudah. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bagaimana Perencanaan pembelajaran, Pelaksanaan pembelajaran , dan evaluasi pembelajaran Menggunakan kitab allubab finnahwi wa shorfi sesuai dengan rumusan masalah yang ada. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan pengumpulan datanya menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode yang digunakan peneliti untuk menganalisis data adalah dengan mengumpulkan data, kemudian reduksi data, mendisplay data, lalu menyimpulkan data. Dan menguji keabsahan data, peneliti menggunakan tringulasi data. Adapun hasil penelitian ini berdasarkan , observasi dan wawancara,menunjukkan bahwa (1). Guru membuat perencanaan pembelajaran diawal semester sebelum penerimaan siswa baru melalui musyawarah atau rapat bersama antara pimpinan pondok dengan guru lainya. musyawarah tersebut tentunya membahas tentang perencanaan pembelajaran dan kiat-kiat yang harus dicapai dalam pembelajaran dan apa yang perlu diperbaiki dalam kegiatan pembelajaran. Kemudian guru menyusun persiapan, dengan merumuskan tujuan, merencanakan kegiatan pembelajaran, menentukan metode dan media yang akan digunakan dengan baik sesuai dengan kesepakatan dari hasil musyawarah bersama pimpinan pondok. (2) Pelaksanaan pembelajaran bahasa arab menggunakan kitab allubab berlangsung dengan baik, siswa terlihat aktif, tanggap, memahami materi dengan cepat serta menikmati pembelajaran tersebut. Hal tersebut didukung juga oleh metode yang digunakan guru bermacam-macam seperti metode demonstrasi, metode menghafal, dan bernyanyi. Dan media yang digunakan guru juga membantu siswa dalam mempelajari kitab tersebut, sehingga siswa tidak merasa bosan dan menikmati pembelajaran. (3) Evaluasi yang digunakan guru berupa tes lisan dan tes tertulis. Adapun pelaksanaanya yaitu guru meminta siswa untuk mengerjakn soal latihan yang ada di kitab allubab. Dan selanjutnya guru memilih materi secara acak yang akan dibaca siswa kemudian guru memberikan soal dan dijawab dengan siswa secara langsung. Proses evaluasi dilakukan tiga kali dalam sehari dan berdasarkan waktunya, ada 2 evaluasi yang dilakukan yaitu evaluasi harian dan ahir tahun.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Bahasa Arab, kitab Allubab, Nahwu dan Shorof.
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 88204 - Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: DWI RIA FEBRIATI 1910204022
Date Deposited: 24 Jan 2023 03:40
Last Modified: 24 Jan 2023 03:40
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/24741

Actions (login required)

View Item View Item