STIGMATISASI MASYARAKAT TERHADAP PEREMPUAN BERCADAR DI DESA SINAR TUNGKAL KECAMATAN TUNGKAL JAYA KABUPATEN MUSI BANYUASIN

Putri, Elsa (2023) STIGMATISASI MASYARAKAT TERHADAP PEREMPUAN BERCADAR DI DESA SINAR TUNGKAL KECAMATAN TUNGKAL JAYA KABUPATEN MUSI BANYUASIN. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
Skripsi ELSA FIX.docx

Download (101kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Stigmatisasi Masyarakat Terhadap Perempuan Bercadar di Desa Sinar Tungkal Kecamatan Tungkal Jaya Kabupaten Musi Banyuasin”. Keberadaan perempuan bercadar masih belum dapat diterima secara penuh. Pandangan sosial masyarakat terhadap perempuan bercadar sangat negatif, hal ini diperkuat dengan maraknya fenomena diskriminasi terhadap perempuan bercadar. Mereka mengaku mengalami kesulitan untuk bergabung dan bersosialisasi dalam masyarakat. Berdasarkan uraian tersebut, maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian lebih lanjut. tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan bagaimana stigmatisasi masyarakat terhadap perempuan bercadar, dan bagaimana penyesuaian diri wanita bercadar di Desa Sinar Tungkal. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan metode kualitatif dan pendekatan fenomenologi. Sumber data primer penelitian ini antara lain catatan hasil wawancara, hasil observasi lapangan, dan data-data lainnya mengenai informan. Sedangkan sumber data sekunder yaitu dari literatur, studi kepustakaan, penelitian terdahulu, buku, dan lain sebagainya. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam menganalisis data peneliti menggunakan teknik deskriptif, aktivitas dalam analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum menurut masyarakat cadar merupakan pakaian yang baik bagi muslimah hanya saja masyarakat belum bisa menerima muslimah bercadar secara keseluruhan karena beberapa faktor diantaranya adalah kurangnya pemahaman masyarakat tentang hukum cadar, susah dikenali dan tertutup interaksi sosialnya antara muslimah bercadar dan masyarakat. Namun diskriminasi tidak terjadi di Desa Sinar Tungkal Kecamatan Tungkal Jaya Kabupaten Musi Banyuasin. Cara partisipan menyesuaikan diri di tengah stigma dari orang sekitar salah satunya adalah mengabaikan stigma dan mereka memiliki kemampuan mengontrol diri dengan baik dengan mengatur pikiran dan emosi mereka, serta selalu berupaya mendekatkan diri kepada Allah swt. dan melakukan pendekatan pada masyarakat yang memberi stigma dengan berusaha untuk membuka diri dan berinteraksi seperti biasa dengan masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ushuludin dan Pemikiran Islam > Studi Agama - Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam > 76234 - Studi Agama-agama
Depositing User: ELSA PUTRI 1830301025
Date Deposited: 24 Jan 2023 03:41
Last Modified: 24 Jan 2023 03:41
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/24777

Actions (login required)

View Item View Item