PENGARUH PENERAPAN METODE FARMING GARDENING PROJECT DALAM PEMBELAJARAN IPA TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER GOTONG ROYONG DI KELAS V MI WATHONIYAH

Yuliansi, Vindia (2022) PENGARUH PENERAPAN METODE FARMING GARDENING PROJECT DALAM PEMBELAJARAN IPA TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER GOTONG ROYONG DI KELAS V MI WATHONIYAH. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
BAB I.docx

Download (31kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (23kB)

Abstract

ABSTRAK Metode proyek adalah suatu pendekatan pembelajaran yang efektif dengan berfokus pada kreatifitas berpikir, pemecahan permasalah serta interaksi antar siswa dan teman sebaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan perbedaan antara pembentukan karakter gotong royong pada kelas kontrol dan eksperiment yang menerapkan metode farming gardening project dalam pembelajaran IPA kelas V MI Wathoniyah. Adapun rumusan masalah yang dibahas pada penelitian ini yaitu: Bagaimana pembentukan karakter gotong royong sebelum dan sesudah diterapkan metode farming gardening project pada pembelajaran IPA kelas eksperiment di MI Wathoniyah, Bagaimana karakter gotong royong peserta didik kelas kontrol tanpa diterapkan metode farming gardening kelas V di MI Wathoniyah dan Adakah pengaruh penerapan metode farming gardening project pada kelas eksperiment terhadap pembentukan karakter gotong royong. Bertujuan untuk menumbuhkan karakter gotong royong sebagai indikator ketercapaian karakter melalui metode proyek yaitu suatu cara diterapkan dengan memberikan peluang kepada peserta didik untuk menggunakan aspek kehidupan sekitar secara bersama. Penelitian ini bertujuan mengetahui dan mendeskripsikan perbedaan antara karakter gotong royong dalam pembelajaran IPA dengan metode farming gardening project dengan kelas yang tidak menerapkan di kelas V MI Wathoniyah. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode true exsperimental design menggunakan dua kelompok, yaitu kelompok eksperiment V B 31 sampel dan kelompok kontrol V A terdiri dari 27 peserta didik. Untuk kelas kontrol memperoleh rata-rata 59,90 kategori cukup sedangkan untuk kelas eksperiment memperoleh rata-rata 87,90 kategori baik. Dari hasil penelitian dan analisis data diperoleh nilai thitung sebesar 32,336 > ttabel 2.7564, sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel (X) metode farming gardening project berpengaruh terhadap variabel (Y) pembentukan karakter gotong royong pada peserta didik kelas V di MI Wathoniyah, sehingga hasinya adalah thitung > ttabel, yakni H0 ditolak dan Ha diterima. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode farming gardening project dalam pembelajaran IPA terhadap pembentukan karakter gotong royong kelas V di MI Wathoniyah.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Metode farming gardening project, pembelajran IPA, Karakter gotong royong.
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 27 Jan 2023 07:52
Last Modified: 27 Jan 2023 07:52
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/24792

Actions (login required)

View Item View Item