Efektivitas Klasifikasi Fundamental Dengan Penggunaan Label Warna Sebagai Sistem Temu Kembali Informasi Di Perpustakaan Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Palembang

Sari, Selvi Puspita (2022) Efektivitas Klasifikasi Fundamental Dengan Penggunaan Label Warna Sebagai Sistem Temu Kembali Informasi Di Perpustakaan Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Palembang. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
Halaman Cover.pdf

Download (339kB) | Preview
[img] Text
BAB 1-5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (491kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (342kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini menginvestigasi tentang bagaimana efektivitas dari sistem klasifikasi fundamental dengan penggunaan label warna yang sudah digunakan oleh Perpustakaan FKIP Universitas PGRI Palembang. Tujuan dari penelitian ini yaitu guna mengetahui sistem klasifikasi apakah yang digunakan, mengetahui bagaimana efektivitas sistem klasifikasi fundamental dengan label warna, serta untuk mengetahui apakah penyusunan koleksi menurut sistem klasifikasi fundamental dan label warna dapat memberikan kemudahan bagi pemustaka untuk mencari koleksi yang diinginkan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Wawancara, dokumentasi, dan observasi sebagai metode pengumpulan data. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sistem klasifikasi yang digunakan di Perpustakaan FKIP Universitas PGRI Palembang adalah sistem klasifikasi fundamental dalam bentuk klasifikasi DDC. Selain itu, perpustakaan ini juga mengadopsi sistem temu balik informasi pendukung berupa label warna. Kemudian terdapat 3 proses dalam melakukan klasifikasi fundamental dengan penggunaan label warna sebagai sistem temu balik informasi yaitu tahap pengolahan buku, tahap pelabelan, dan tahap penomoran koleksi. Dari hasil penelitian ini, peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan klasifikasi fundamental dan label warna sebagai sarana temu kembali informasi di Perpustakaan FKIP Universitas PGRi Palembang ternyata tidak efektif. Karena nomor klasifikasi bahan pustaka yang mereka gunakan tidak terpusat pada subjek buku.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas Klasifikasi Fundamental, Label Warna, Sistem Temu Balik Informasi
Subjects: 000 Komputer, Informasi, dan Referensi Umum > Perpustakaan dan Ilmu Informasi, Kearsipan
Adab dan Humaniora > Ilmu Perpustakaan
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > 71401 - Ilmu Perpustakaan
Depositing User: SELVI PUSPITA SARI 1830403072
Date Deposited: 24 Jan 2023 03:42
Last Modified: 24 Jan 2023 03:42
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/24793

Actions (login required)

View Item View Item