PENGARUH MODEL PEMBELAJARANKOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA POKOK BAHASAN ARITMATIKA SOSIAL DI KELAS VII SMP CINTA MANIS, OGAN ILIR. (Skripsi)

Tri Sundari, Widia (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARANKOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA POKOK BAHASAN ARITMATIKA SOSIAL DI KELAS VII SMP CINTA MANIS, OGAN ILIR. (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
Widia Tri Sundari_TarMat.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Gambaran pada saat penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa pokok bahasan aritmatika sosial di kelas VII SMP Cinta Manis, Ogan Ilir, (2) Pengaruh penerapan model kooperatif tipe jigsaw terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa pokok bahasan aritmatika sosial di kelas VII SMP Cinta Manis, Ogan Ilir. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Cinta Manis tahun pelajaran 2012/2013. Sampel dalam penelitian ini adalah 2 kelas yaitu kelas VII-1 dan kelas VII-3. Kelas VII-1 yang menjadi kelas eksperimen yang dikenai perlakuan model kooperatif tipe jigsaw sedangkan kelas VII-3 sebagai kelas kontrol yang dikenai perlakuan pembelajaran konvensional. Pada akhir pembelajaran kedua kelas sampel diberi tes akhir (posttest) dengan menggunakan instrumen yang sama. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes.berdasarkan hasil uji normalitas dan uji homogenitas dari kedua data tersebut diperoleh bahwa data kedua sampel itu normal dan homogen, sehingga untuk pengujian hipotesis menggunakan uji t. Dari hasil perhitungan uji t di peroleh t_(tes ) = 6,011 sedangkan t_(tabel )= 2,00.oleh karena itu t_(tes )> t_(tabel )maka Ho ditolak dan hipotesis diterima. Hal ini berarti hasil kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dengan menggunakan model kooperatif tipe jigsaw terdapat pengaruh dan mengalami peningkatan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Model Kooperatif tipe Jigsaw sangat efektif daripada menggunakan pembelajaran konvensional dan ada perbedaan yang signifikan antara yang menggunakan model kooperatif tipe jigsaw dengan yang menggunakan pembelajaran konvensional di SMP Cinta Manis, Ogan Ilir.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Model Kooperatif Tipe Jigsaw, Pembelajaran Konvensional, Hasil Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 15 Apr 2016 06:50
Last Modified: 15 Apr 2016 06:50
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/248

Actions (login required)

View Item View Item