Identifikasi Jenis Burung Di Desa Perjaya Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur Dan Sumbangsihnya Pada Materi Animalia Kelas X SMA/MA

Meidita, Erin (2022) Identifikasi Jenis Burung Di Desa Perjaya Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur Dan Sumbangsihnya Pada Materi Animalia Kelas X SMA/MA. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (174kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (523kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (520kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (438kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (397kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
DAFUS.pdf

Download (380kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (150kB) | Preview

Abstract

Indonesia menjadi negara keempat terkaya spesies burungnya setelah Columbia, Peru dan Brazil. Beberapa pulau di Indonesia terkenal dengan kekayaan dan keanekaragaman jenis burungnya adalah pulau Jawa, Bali, Kalimantan dan Sumatera. Dalam penelitian terbaru pulau Sumatera memiliki sekitar 609 jenis burung dan 20 jenis diantaranya merupakan endemik di Sumatera dan 37 jenis diantaranya merupakan endemik di Indonesia. Banyaknya jenis burung yang tinggal pada suatu tempat sangat dipengaruhi oleh kondisi habitat yang baik. Hampir tidak pernahnya penelitian identifikasi burung di kabupaten Ogan Komering Ulu Timur memberikan dampak dalam ketersediaan database burung pada kawasan tersebut sehingga perlu dilakukan penelitian identifikasi jenis burung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui spesies burung yang ada di desa Perjaya, mengetahui karakteristik morfologi jenis burung di desa Perjaya, serta mengetahui validitas media ensiklopedia dalam materi Animalia kelas X SMA/MA. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode garis transek. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada 2 stasiun yakni hutan dan kawasan bendungan ditemukan 8 jenis burung yang terdiri dari Streptopelia chinensis, Passer montanus, Lonchura punctulata, Alcedo meninting, Pycnonotus aurigaster, Hemipus hirundinaceus, Dicaeum trigonostigma, Orthotomus ruficeps. Setiap spesies yang ditemukan memiliki karakteristik morfologi yang berbeda baik warna dan paruh. Hasil dari penelitian ini disumbangsihkan dalam bentuk media pembelajaran berupa ensiklopedia yang telah dilakukan tahap validasi ahli dan didapatkan nilai dengan rata-rata 96,22% kategori sangat layak.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Identifikasi, Burung, Ensiklopedia
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: ERIN MEIDITA 1830207083
Date Deposited: 24 Jan 2023 03:44
Last Modified: 24 Jan 2023 03:44
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/24826

Actions (login required)

View Item View Item