Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap pembiayaan Murabahah menggunakan sistem Margin (studi Kasus PT. Amartha Mikro Fintek Cabang Pedamaran Ogan Komering Ilir)

Maura Dinda Zavani, Mdz (2023) Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap pembiayaan Murabahah menggunakan sistem Margin (studi Kasus PT. Amartha Mikro Fintek Cabang Pedamaran Ogan Komering Ilir). Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
skrispi MayaSari.pdf - Published Version

Download (781kB) | Preview

Abstract

Manusia adalah mahkluk sosial yang diciptakan oleh Allah SWT untuk menjalani kehidupan bersosial ditengah masyarakat agar terus Saling tolong-menolong antar makhluk dengan makhluk lainnya dalam memenuhi kebutuhan hidup sebagaimana dalam aturan-aturan Islam yang telah ditetapkan. Oleh karna itu jika saya riset mengenai keputusan yang diadakan oleh PT. Amartha Mikro Fintek untuk menetapkan margin dan keuntungan pembiayaan Murᾱbaḥah, penentuan margin yang dilakukan oleh pihak PT. Amartha Mikro Fintek apakah sudah sesuai dengan ketentuan hukum ekonomi syariah dan tiada yang memberatkan kedua belah pihak. Oleh karena itu penulis tertarik untuk mengangkat masalah ini menjadi penelitian dengan judul “Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah Terhadap Pembiayaan Murabahah Menggunakan Sistem Margin (Studi Kasus PT. Amartha Mikro Fintek Cabang Pedamaran Ogan Komering Ilir). Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangam (Field Research). Adapun jenis data yang dipakai ialah data kualitatif dengan menggunakan sumber data primer yang didapatkan dari hasil wawancara dengan populasi, sampel dan data sekunder. Teknik pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi. Data yang telah dikumpul dalam penelitian kemudian dianalisis deskriptif kualitatif, dan kemudian akan disimpulkan secara deduktif. Hasil penelitian kemudian disimpulkan bahwa : Pertama, pelaksanaan pembiayaanMurᾱbaḥah menggunakan sistem margin boleh diterapkan dalam boleh diterapkan di PT. Amartha Mikro Fintek. Kedua, Menurut Hukum Ekonomi Syariah Terhadap pembiayaan Murᾱbaḥah menggunakan Sistem Margin di PT. Amartha Mikro Fintek menurut Fatwa DSN-MUI diperbolehkan selama rukun dan syarat sesuai dengan akad Murᾱbaḥah. Kata kunci : Margin Murᾱbaḥah, pembiayaan Murᾱbaḥah menggunakan sistem Margin, Fatwa DSN-MUI

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: MAYA SARI 1810104039
Date Deposited: 30 Jan 2023 03:10
Last Modified: 30 Jan 2023 03:10
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/24880

Actions (login required)

View Item View Item