POTENSI KONFLIK ATAS BERLAKUNYA UNDANG-UNDANG NOMOR 11 TAHUN 2020 TENTANG CIPTA KERJA (Studi Pada Serikat Pekerja Buruh Di Kota Palembang)

YUNANI, YUNANI (2023) POTENSI KONFLIK ATAS BERLAKUNYA UNDANG-UNDANG NOMOR 11 TAHUN 2020 TENTANG CIPTA KERJA (Studi Pada Serikat Pekerja Buruh Di Kota Palembang). Undergraduate Thesis thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img] Text
SKRIPSI_YUNANI 1730702093.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Potensi Konflik Atas Berlakunya Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 Tentang Cipta Kerja (Studi Pada Serikat Pekerja Buruh Di Kota Palembang). Tujuan dari penelitian yaitu untuk mengetahui potensi konflik atas berlakunya undang-undang nomor 11 tahun 2020 tentang cipta kerja di kota palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah dengan wawancara dan dokumentasi. Sumber data primer dari penelitian melalui wawancara dengan kantor Dewan Pengurus Cabang Federasi Serikat Buruh (DPC FSB NIKEUBA) Kota Palembang. Sumber data sekunder ialah berupa dokumen, buku, jurnal, website. Teori yang digunakan ialah Teori Negara dari buku dasar-dasar ilmu politik Miriam Budiardjo. Menjelaskan Negara merupakan integrasi dari kekuasaan politik, Manusia hidup dalam suasana kerja sama, sekaligus suasana antagonis dan penuh pertentangan. Hasil dari penelitian adalah atas berlakunya undang-undang No 11 tahun 2020 tentang cipta kerja ini ternyata menimbulkan konflik bagi pekerja buruh dan juga sangat merugikan bagi pekerja buruh karena undang-undang yang sekarang ini diterbitkan oleh pemerintah berupa peraturan pemerintah menimbulkan konflik bagi pekerja buruh dimana sebelumnya dengan undang-undang No 13 tahun 2003 banyak perselisihan apalagi dengan undang-undang No 11 tahun 2020 ini, yang mana materi isi undang-undangnya lebih rendah daripada undang-undang sebelumnya akan dipastikan konflik itu terjadi. Sehingga status undang-undang cipta kerja tersebut sekarang inskonstitusional bersyarat, akan tetapi jika ingin menjadi konstitusional maka harus diperbaiki dalam jangka dua tahun. Tetapi jika dalam jangka dua tahun tidak ada perbaikan maka menjadi inskonstitusional permanen artinya batal demi hukum undang-undang tersebut. Kata Kunci : Potensi, Konflik, Undang-undang Tentang Cipta Kerja, Buruh

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaanfisip@radenfatah.ac.id
Date Deposited: 27 Jan 2023 08:11
Last Modified: 27 Jan 2023 08:11
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/24881

Actions (login required)

View Item View Item