Amelia, Ria (2022) STRATEGI TOKO BUKU PENUNTUN DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN NILAI-NILAI AQIDAH ISLAM DI KOTA PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.
Text
B5 Riaa fix244.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Aqidah merupakan keyakinan mutlak yang tidak mengandung keraguan di dalamnya, yang dapat membuat hati pemiliknya menjadi tenang. Pemilik toko buku Penuntun menerapkan nilai-nilai aqidah Islam seperti tidak menjual buku-buku Islami yang pengarang atau penulisnya dari orang nonmuslim atau yang menurut mereka tidak sesuai dengan ajaran aqidah Islam dan untuk buku-buku umum tergantung dengan isinya jika bertentangan dengan Ahlussunnah Wal jama’ah maka tidak dijual di toko buku ini. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi dan pengaruh implementasi nilai-nilai aqidah Islam di toko buku Penuntun. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dalam bentuk riset lapangan. Adapun sumber data dalam penelitian ini yaitu primer dan sekunder. Data primernya bersumber dari observasi dan wawancara dengan pemilik toko buku Penuntun dan tiga orang konsumen. Sementara data sekundernya meliputi dokumentasi-dokumentasi yang berkaitan dengan penelitian. Pengumpulan datanya dilakukan dengan cara mendokumentasikan hasil dari observasi dan wawancara yang dilakukan di toko buku Penuntun serta dari berbagai rujukan referensi lainnya. Adapun analisisnya menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif, data yang didapat dilakukan pemilihan terlebih dahulu, lalu disusun agar mudah dipahami, kemudian dikaji menggunakan teori nilai-nilai aqidah Islam, selanjutnya ditarik kesimpulan mengenai hasil penelitian. Berdasarkan hasil penelitian, toko buku Penuntun menggunakan strategi dengan pendekatan Amar Ma’ruf Nahi Munkar dalam menjalankan bisnisnya, seperti tidak menjual buku bajakan; hanya menjual buku-buku khusus yang sesuai dengan Al-Qur’an, Hadis dan sepaham dengan Ahlussunnah Wal Jama’ah; hanya menjual buku yang menunjang pendidikan; dan promosi-promosi yang dilakukan oleh pemilik toko buku Penuntun jika membeli buku-buku agama dan Al-Qur’an. Pengaruh dari implementasi nilai-nilai aqidah Islam di toko buku Penuntun ini juga berdampak baik terhadap toko buku Penuntun sendiri, dapat dilihat dari bertahannya toko buku Penuntun sejak awal berdiri hingga sekarang dan konsumen yang membeli semakin hari semakin banyak. Kata Kunci: Bisnis Islam, Nilai-Nilai Aqidah Islam, Strategi Implementasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Bisnis Islam, Nilai-Nilai Aqidah Islam, Strategi Implementasi. |
Subjects: | 200 Agama > 297 Islam > 2x3 Aqaid dan Ilmu Kalam Ushuludin dan Pemikiran Islam > Aqidah dan Filsafat Islam |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam > 76232 - Aqidah dan Filsafat Islam |
Depositing User: | Ria Amelia - |
Date Deposited: | 14 Feb 2023 03:56 |
Last Modified: | 15 Feb 2023 01:18 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/24884 |
Actions (login required)
View Item |