STRATEGI KOMUNIKASI DALAM MENYELESAIKAN PELANGGARAN SIARAN BERITA I NEWS TV TAHUN 2020-2022 (Studi pada Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Provinsi Sumatera Selatan)

WIJAYA, M. RIZKY INDRA KUSUMA (2023) STRATEGI KOMUNIKASI DALAM MENYELESAIKAN PELANGGARAN SIARAN BERITA I NEWS TV TAHUN 2020-2022 (Studi pada Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Provinsi Sumatera Selatan). Undergraduate Thesis thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img]
Preview
Text
M Rizki Indra Kusuma Wijaya cover.pdf

Download (756kB) | Preview
[img] Text
M Rizki Indra Kusuma Wijaya full bab.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Informasi saat ini didapatkan dengan mudah oleh masyarakat, hal ini tentu didorong oleh media yang dapat diakses oleh masyarakat setiap waktunya. Berita merupakan salah satu sumber informasi yang digunakan dalam siaran televisi yang disalurkan kepada masyarakat, dalam hal ini siaran berita merupakan sesuatu yang penting untuk menciptakan masyarakat yang memahami tentang suatu kejadian atau fenomena yang terjadi di sekitarnya. Di Indonesia terkhusus di Provinsi Sumatera Selatan terdapat 14 stasiun televisi yang beroperasi, salah satunya adalah I News Tv. Siaran berita itu sendiri harus diawasi oleh lembaga independen yang tidak memihak siapapun serta bersifat netral, Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) merupakan lembaga pemerintahan yang mengawasi jalannya siaran berita yang ada di daerah-daerah Indonesia yang berpusat pada Komisi Penyiaran Indonesia (KPI). Beberapa siaran berita yang ditampilkan masih terdapat pelanggaran yang ditemukan seperti adegan merokok dan kekerasan, tentu hal ini tidak layak untuk ditampilkan di depan masyarakat dan bisa berdampak pada kehidupan sehari-hari. Dalam penelitian ini penulis menggunakan teori strategi komunikasi Harold Lasswel dimana berfokus pada apa, siapa, melalui apa, kepada siapa, serta efek. Berdasarkan dari teori tersebut penulis mendapatkan hasil bahwa strategi yang dilakukan oleh Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Provinsi Sumatera Selatan terbilang efektif hal ini bisa terlihat dari tabel monitoring tahun 2020-2022 dimana pelanggaran berkurang setiap tahunnya bahkan di 2022 sendiri tidak terdapat pelanggaran dalam siaran berita. Kata Kunci : Berita, Pelanggaran, Siaran, Strategi Komunikasi

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaanfisip@radenfatah.ac.id
Date Deposited: 27 Jan 2023 08:13
Last Modified: 27 Jan 2023 08:13
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/24890

Actions (login required)

View Item View Item