Pengembangan LKPD Pada Pelajaran Matematika Berbasis HOTS Materi Volume Bangun Ruang SDN 15 Pulau Beringin

Amelia, Yunike (2023) Pengembangan LKPD Pada Pelajaran Matematika Berbasis HOTS Materi Volume Bangun Ruang SDN 15 Pulau Beringin. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (553kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (185kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk mengetahui pengembangan LKPD pada mata pembelajaran matematika berbasis HOTS materi volume bangun ruang kelas V SDN 15 Pulau Beringin yang praktis, untuk valid, dan efektif. Pengembangan pengembangan LKPD pada mata pembelajaran matematika berbasis HOTS materi volume bangun ruang kelas V SDN 15 Pulau Beringin ini dilakukan karena belum adanya pemanfaatan LKPD pada mata pembelajaran matematika berbasis HOTS dalam proses belajar mengajar mata pelajaran Matematika di SDN 15 Pulau Beringin. Penelitian ini merupakan metode penelitian pengembangan (Research & Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluation). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi, test (pretest dan postest) dan memberikan angket kepada para ahli, peserta didik, dan guru mata pelajaran. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 15 Pulau Beringin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari aspek kevalidan, LKPD yang dikembangkan berbasis HOTS pada materi volume bangun ruang dikategorikan valid. Hal ini ditinjau dari perolehan skor akhir rata-rata hasil penilaian LKPD oleh setiap ahli. Perolehan rata-rata hasil validasi LKPD dari validator masing-masing adalah 4.2, 3.8, dan 4.2. Perolehan rata-rata keseluruhan validator 4,06 dengan kategori sangat valid atau layak. Dilihat dari aspek kepraktisan, LKPD yang dikembangkan berbasis HOTS pada materi volume bangun ruang dikategorikan praktis. Hal ini ditinjau dari perolehan skor akhir rata-rata hasil angket respon peserta didik dengan skor rata-rata 3,78 dan memperoleh kategori praktis. Dilihat dari aspek keefektifan, LKPD yang dikembangkan berbasis HOTS pada materi volume bangun ruang dikategorikan sangat efektif. Hal ini ditinjau dari perolehan skor akhir rata-rata tes hasil belajar peserta didik LKPD yang dikembangkan berkategori sangat efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Pengembangan, LKPD berbasi HOTS, Matematika, Bangun Ruang
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 27 Jan 2023 07:46
Last Modified: 27 Jan 2023 07:46
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/24920

Actions (login required)

View Item View Item