PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA PADA ANAK MELALUI AKTIVITAS PROJEK KEARIFAN LOKAL PADA KURIKULUM MERDEKA KELAS I DI MIN 2 KOTA PALEMBANG

Putri, Monica Amelia (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA PADA ANAK MELALUI AKTIVITAS PROJEK KEARIFAN LOKAL PADA KURIKULUM MERDEKA KELAS I DI MIN 2 KOTA PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
BAB 1-5.docx

Download (790kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) Untuk mengetahui cara meningkatkan kemampuan berbicara pada anak melalui aktivitas projek kearifan lokal pada kurikulum merdeka kelas I di MIN 2 Kota Palembang, (2) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan berbicara pada anak melalui aktivitas projek kearifan lokal pada kurikulum merdeka kelas I di MIN 2 Kota Palembang, dan (3) Untuk mengetahui kesulitan yang dialami guru dalam menerapkan projek kearifan lokal pada kurikulum merdeka kelas I di MIN 2 Kota Palembang. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sehingga data kualitatif tersebut dianalisis menggunakan reduksi kemudian disajikan, lalu ditarik kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh bahwa (1) Kemampuan berbicara anak perlahan meningkat melalui aktivitas projek Kearifan lokal yang diterapkan pada kurikulum merdeka karena anak terlatih untuk berbicara melalui persentasi makanan tradisional khas Palembang yang sering mereka lakukan di kelas masing-masing, (2) Terjadinya peningkatan kemampuan berbicara anak kelas I diantara satu kelas yang terdiri dari 26 anak hanya 4 orang anak yang belum mampu untuk berbicara di depan kelas, dalam artian bahwa di dalam satu kelas terdapat 24 orang anak yang telah memiliki peningkatan kemampuan dalam berbicara dengan ketepatan pengucapan, kefasihan dalam berbicara, dan kosa kata yang digunakan dengan tepat tanpa mencampurkan bahasa indonesia ke bahasa daerah sejak aktivitas projek Kearifan lokal pada kurikulum merdeka yang diterapkan di MIN 2 Kota Palembang, dan (3) Dalam menerapkan aktivitas projek Kearifan lokal pada kurikulum merdeka yang dilakukan di MIN 2 Kota Palembang hampir tidak adanya kesulitan bagi mereka dalam penerapan aktivitas projek Kearifan lokal tetapi tetap memperhatikan proses pembelajaran, dalam menerapkannya membutuhkan strategi yang sesuai dengan tahapan psikologi anak yang mana anak MI berada pada tahap Operasional Konkrit maka pembelajaran mutlak menggunakan alat peraga untuk meningkatkan hasil belajar, dan penekanan proses pembelajaran pada aktivitas fisik anak, dan juga tidak ada kendala pada kerja sama antara pihak sekolah, guru, dan orangtua wali mengenai aktivitas projek Kearifan lokal.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Kemampuan Berbicara, Aktivitas Projek, Kurikulum Merdeka
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 27 Jan 2023 07:47
Last Modified: 27 Jan 2023 07:47
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/24974

Actions (login required)

View Item View Item