ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM MEMAHAMI TEKS BACAAN PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS II SD NEGERI 123 PALEMBANG

SUNDARI, ELI (2023) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM MEMAHAMI TEKS BACAAN PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS II SD NEGERI 123 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

Full text not available from this repository. (Request a copy)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang kesulitan belajar membaca siswa dalam memahami teks bacaan pada pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas II SD Negeri 123 Palembang. Keterampilan membaca dan memahami suatu bacaan sangat penting bagi penuntut ilmu sebagian besar orang memproleh informasi dan pengetahuan melalui bacaan. Penelitian ini mendeskripsikan tetang kesulitan siswa dalam memahami teks bacaan pada pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas II A SD Negeri 123 Palembang, faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa dalam memahami teks bacaan pada pembelajaran bahasa Indonesia di kelas II A SD Negeri 123 Palembang, dan solusi dalam menangani kesulitan belajar siswa dalam memahami teks bacaan pada pembelajaran bahasa Indonesia di kelas II A SD Negeri 123 Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Dengan hasil penelitin yaitu, kesulitan belajar siswa dalam memahami teks bacaan pada pemebelajaran bahasa Indonesia siswa kelas II A SD Negeri 123 Palembang bahwa siswa sulit menggidentifikasi huruf, sulit membaca penggabungan huruf, sulit merangkai huruf dalam susunan kata dan kalimat, dan tidak memperhatikan tanda baca. Faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa dalam memahami teks bacaan pada pembelajaran bahasa Indonesia di kelas II A SD Negeri 123 Palembang terdapat 3 faktor yaitu, faktor dalam diri siswa, faktor materi pembelajaran, dan faktor kesibukan orang tua. Solusi dalam menangani kesulitan belajar siswa dalam memahami teks bacaan pada pembelajaran bahasa Indonesia di kelas II A SD Negeri 123 Palembang dengan 4 cara yaitu, mengulas bersama isi teks bacaan, melakukan program pembelajaran, memberikan apresiasi kepada siswa, dan melakukan kerjasama antar orang tua dan guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kesulitan Belajar Siswa, Teks Bacaan
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 01 Feb 2023 02:29
Last Modified: 01 Feb 2023 02:29
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/24975

Actions (login required)

View Item View Item