Analisis Implementasi Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Respon Belajar Siswa Kelas IV di MIN 2 Palembang

Tri Wulandari, Yunike (2023) Analisis Implementasi Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Respon Belajar Siswa Kelas IV di MIN 2 Palembang. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV (2).pdf

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (114kB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana dimana di dalamnya terdapat kegiatan berupa proses pembelajaran. Pendidikan memiliki tujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan peserta didik melalui proses pembelajaran.Salah satu metode pembelajaran yang dapat diaplikasikan untuk meningkatkan respon belajar siswa yaitu dengan menerapkan metode CTL (Contextual Teaching and Learning). CTL adalah konsepsi pembelajaran yang membantu guru menghubungkan mata pelajaran dengan situasi dunia yang nyata. Namun dalam penerapannya, sistem pendidikan di Indonesia masih masih cenderung dengan menggunakan metode Teacher Centered (Berpusat pada guru).Maka dari itu Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa proses implementasi pembelajaran menggunakan model pembelajaran CTL yang dalam hal ini menggunakan responden dari siswa kelas IV di MIN 2 Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian deskriptif kualitatif. Jadi, penelitian ini dilakukan dengan cara melibatkan secara langsung antara peneliti dan responden, sehingga diharapkan dapat memperoleh data yang dibutuhkan guna mencapai tujuan penelitian. Dari hasil penelitian yang didapat, Pelaksanaan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning berjalan dengan baik, hal ini terlihat ketika guru memberikan penjelasan materi perubahan bentuk energy dengan memberikan contoh-contoh yang relevan, Serta memberikan pertanyaan-pertanyaan kepada peserta didik terkait materi yang dipelajari sehingga pembelajaranpun terlihat begitu kondusif dan suasana kelas pun aktif.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : CTL (Contextual Teaching and Learning), Pendidikan, Guru & peserta didik.
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 30 Jan 2023 02:54
Last Modified: 30 Jan 2023 02:54
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/25005

Actions (login required)

View Item View Item