ERAN POLITIK TOKOH AGAMA PADA PEMILU LEGISLATIF TAHUN 2019 (STUDI KASUS DI DESA AREMANTAI KECAMATAN SEMENDE DARAT ULU KABAPUTEN MUARA ENIM)

AMIN, MUHAMMAD (2022) ERAN POLITIK TOKOH AGAMA PADA PEMILU LEGISLATIF TAHUN 2019 (STUDI KASUS DI DESA AREMANTAI KECAMATAN SEMENDE DARAT ULU KABAPUTEN MUARA ENIM). Undergraduate Thesis thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img] Text
SKRIPSI_M AMIN 1730702074.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Menggunakan atau memanfaatkan figur ulama untuk memenangi dalam pemilu adalah sah-sah saja, asal ulama sendiri bisa memposisikan diri sebagai pengarah ke arah yang lebih positif atau lebih baik. Dan yang terpenting peran ulama atau kyai dalam percaturan kancah politik tidak melupakan tujuan mulya yaitu mengajak masyarakat untuk sadar menggunakan hak pilihnya yang tentunya untuk memilih pemimpin yang amanah dan selalu mementingkan kepentingan umat atau rakyat. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Peran Tokoh Agama Pada Pemilu Legislatif Tahun 2019 (Studi Kasus Di Desa Aremantai Kecamatan Semende Darat Ulu Kabaputan Muara Enim). Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Peran yang dilakukan oleh ulama dalam pemenangan pemilu tentunya tidak terlepas dari otoritas kharismatik yang dimiliki serta melalui perangkat peran (role-set) dan fasilitas peran (rolefacilities). Terdapat 3 peran yang dilakukan oleh para ulama dalam nya Pertama, berperan sebagai pembentuk opini di dalam masyarakat. Kedua, berperan sebagai penggerak massa, dan ketiga, berperan sebagai orang yang berkampanye. Pandangan masyarakat tentang peran ulama pada dasarnya sangat positif dan apresiatif. Meski ada juga masyarakat yang berpandangan bahwa ulama tidak cocok terlibat dalam dunia politik. Kata kunci: tokoh agama, pemilu, politik.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaanfisip@radenfatah.ac.id
Date Deposited: 01 Feb 2023 01:37
Last Modified: 01 Feb 2023 01:37
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/25046

Actions (login required)

View Item View Item