STRATEGI POLITIK PEMANFAATAN DANA DESA (Studi Perbadingan Desa Beringin Makmur I Dan Desa Beringin Makmur II Kecamatan Rawas Ilir Kabupaten Musi Rawas Utara)

ANDIKA, REZA (2023) STRATEGI POLITIK PEMANFAATAN DANA DESA (Studi Perbadingan Desa Beringin Makmur I Dan Desa Beringin Makmur II Kecamatan Rawas Ilir Kabupaten Musi Rawas Utara). Undergraduate Thesis thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img] Text
SKRIPSI REZA ANDIKA 1830702041.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Judul penelitian ini adalah Strategi Politik Pemanfaatan Dana Desa (Studi Perbadingan Desa Beringin Makmur I Dan Desa Beringin Makmur Ii Kecamatan Rawas Ilir Kabupaten Musi Rawas Utara). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Pemerintah Desa dalam Pemanfaatan Dana Desa Beringin makmur I dan Desa Beringin makmur II kecamatan rawas ilir kabupaten musi Rawas Utara, Dan untuk mengetahui Faktor-Faktor Penghambat dalam Pemanfaatan Dana Desa Beringin makmur I1 dan Desa Beringin makmur IIkecamatan rawas ilir kabupaten musi Rawas Utara. Teori yang digunakan adalah teori menurut Bracker, metode yang digunakan dalam mengkaji bahan dan data dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dengan hasil penelitian yaitu adanya perencanaan dengan musyawarah yang melibatkan peran atau partisipasi masyarakat serta mengedepankan semangat gotong royong, pelaksanaan dengan strategi pembangunan infrastruktur berupa jalan dan jembatan merupakan salah satu strategi penting dalam pemanfaatan dana desa di Desa Beringin Makmur I dan II, strategi penguatan ekonomi desa dengan pemberian modal kepada masyarakat desa yang berkaitan dengan mata pencaharian mereka atau keinginan usaha mereka, strategi pemberdayaan masyarakat dengan peningkatan aparatur desa, pemberdayaan perempuan, dan kegiatan penanaman modal. Faktor penghambat dalam Pemanfaatan Dana Desa yaitu bidang penyelenggara yang mengara pada kantor desa yang berfungsi sebagai tempat pelayanan masyarakat, namum belum secara optimal dapat melayani, bidang pelaksana pembangunan yaitu keterbatasan anggaran tersebut, bidang pembinaan masyarakat kurangnya perhatian pemerintah kepada anak dan remaja, dan bidang pemberdayaan masyarakat. Kata kunci: Strategi, Pemerintah Desa, Dana desa

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaanfisip@radenfatah.ac.id
Date Deposited: 01 Feb 2023 02:28
Last Modified: 01 Feb 2023 02:28
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/25077

Actions (login required)

View Item View Item