Implementasi Program Tahfidz Al-Qur'an Melalui Metode Takrir dalam Meningkatkan Hafalan Siswa di MITE Ar-Rahman Palembang

Putri, Ramadhianti (2023) Implementasi Program Tahfidz Al-Qur'an Melalui Metode Takrir dalam Meningkatkan Hafalan Siswa di MITE Ar-Rahman Palembang. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I SKRIPSI Ramadhianti Putri.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V SKRIPSI Ramadhianti Putri.pdf

Download (68kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berjudul Implementasi Program Tahfidz Al-Qur’an Melalui Metode Takrir dalam Meningkatkan Hafalan Siswa di MITE Ar-Rahman Palembang. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi program tahfidz Al-Qur’an melalui metode takrir dalam meningkatkan hafalan siswa, apa dampak dari implementasi program tahfidz Al-Qur’an melalui metode takrir dan apa faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi program tahfidz Al-Qur’an melalui metode takrir terhadap peningkatan hafalan siswa di MITE Ar-Rahman Palembang. Jenis pendekatan yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif, desain penelitian yang digunakan Field research yaitu suatu penelitian yang dilakukan langsung dilapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan program tahfidz Al-Qur’an melalui metode takrir terhadap peningkatan hafalan siswa meliputi: 1. Implemetasi program tahfidz Al-Qur’an melalui metode takrir, dilakukan dengan 3 tahapan yaitu: a) Persiapan program tahfidz Al-Qur’an, meliputi: Tasmi’ dan Muroja’ah, b) Penerapan program tahfidz Al-Qur’an, meliputi: sistem tutorial dan sistem mandiri, c) Evaluasi program tahfidz Al-Qur’an, meliputi: kelancaraan bacaan, tajwid dan makhorijul huruf. 2. Dampak yang dihasilkan dalam implementasi program tahfidz melalui metode takrir yaitu: memberikan kemudahan siswa untuk menghafal, meningkatkan kelancaraan bacaan dan hafalan, memantapkan hafalan, dan hafalan terjaga dengan baik. 3. Faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi program tahfidz meliputi, a) Faktor pendukung: Fisik dan psikis yang sehat, dukungan dari madrasah, sertifikat dan reward. b) Faktor penghambat: Rasa malas, dan kurangnya waktu dalam menghafal.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Program Tahfidz, Metode Takrir, Meningkatkan Hafalan.
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 01 Feb 2023 01:59
Last Modified: 01 Feb 2023 01:59
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/25102

Actions (login required)

View Item View Item