Analisis Pernikahan Beda Agama Menurut Tokoh Agama Dan Tokoh Masyarakat di kota Baturaja (Studi Kasus Kecamatan Baturaja Timur)

Agung, Muhammad Karrel (2023) Analisis Pernikahan Beda Agama Menurut Tokoh Agama Dan Tokoh Masyarakat di kota Baturaja (Studi Kasus Kecamatan Baturaja Timur). Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
Skripsi M.karrel agung.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul Analisis Pernikahan Beda Agama Menurut Pandangan Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat Di Kota Baturaja (Studi Kasus Kecamatan Baturaja Timur). Masalah ini diangkat dari Beberapa Masyarakat Baturaja yang melakukan Perkawinan Beda agama, hal tersebut sudah melanggar aturan yang sudah tercipta baik dari hukum islam maupun undang-undang yang berlaku. Akibatnya pernikahan tersebut tidak sah dan haram untuk dilakukan. Dalam Hukum islam dan undang-undang sudah mengatur secara terang-terangan perihal perkawinan beda agama. Skripsi ini dibuat untuk menjawab Permasalahan yaitu (1) Bagaimana legalitas Pernikahan beda agama yang dilakukan di kota Baturaja menurut pandangan Tokoh agama. (2) Bagaimana pandangan Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat terhadap pernikahan beda agama di kota Baturaja. Jenis penelitian yang penulis gunakan dalam penelitian ini ialah Penelitian Lapangan (Field Research). Penarikan sampel dengan cara Purposive sampling (Kasus Kritis) dengan data primer dan sekunder. Selanjutnya menganalisa dilakukan dengan cara deskriptif kualitatif, yang dimana menjelaskan seluruh permasalahan yang ada, lalu menarik kesimpulan serta pernyataan yang bersifat umum di tarik ke pernyataan yang bersifat khusus. Hasil dari penelitian diketahui bahwa Hukum islam melarang pernikahan laki-laki muslim dengan wanita non muslim, dan bagi yang melakukan pernikahan beda agama maka akan dijatuhi hukuman dengan tidak sah dan haram pernikahannya. Sedangkan menurut undang-undang pernikahan beda agama dilarang tetapi fakta di lapangan masih adanya cela bagi mereka untuk melakukan pernikahan beda agama dengan cara Menikah di luar negeri dan mempermainkan agama dengan pindah agama sementara, untuk jalan alternatif menikah di luar negeri yaitu di negara singapura, australia dan lain sebagainya yang melegalkan perkawinan beda agama Kata Kunci: Pernikahan Beda Agama, Hukum islam dan Hukum positif.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pernikahan Beda Agama, Hukum islam dan Hukum positif.
Subjects: Syariah dan Hukum > Perbandingan Madzhab
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74233 - Perbandingan Mazhab
Depositing User: MUHAMMAD KARREL AGUNG 1910102006
Date Deposited: 08 Feb 2023 01:39
Last Modified: 08 Feb 2023 01:39
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/25105

Actions (login required)

View Item View Item