PERAN GURU DAN ORANG TUA DALAM MEMOTIVASI ANAK BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS DI MADRASAH IBTIDAIYAH QUR’ANIAH V PALEMBANG

Ramadeni, Novia (2023) PERAN GURU DAN ORANG TUA DALAM MEMOTIVASI ANAK BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS DI MADRASAH IBTIDAIYAH QUR’ANIAH V PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (432kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (283kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dan orang tua anak yang berprestasi dalam memotivasi belajar anak pada mata pelajaran IPS di MI Qur‟aniah V Palembang untuk mengetahui peran guru dan orang tua anak yang kurang berprestasi dalam memotivasi belajar anak pada mata pelajaran IPS di MI Qur‟aniah V Palembang, untuk mengetahui faktor pengambat dan pendukung apa saja yang dihadapi guru dan orang tua dalam memotivasi belajar anak pada mata pelajaran IPS di MI Qur‟aniah V Palembang. Jenis penelitian ini menggunakan jenis data kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif. Hasil data yang diperoleh bahwa peran yang dilakukan guru dan orang tua dalam memotivasi belajar anak yaitu guru dan orang tua bekerja sama untuk dapat memotivasi anak agar anak dapat lebih semangat belajar. Adapun faktor penghambat peran guru dan orang tua dalam memotivasi anak dalam belajar yaitu kondisi anak, kesibukan orang tua serta kondisi lingkungan sekitar. Sedangkan faktor pendukung peran orang tua adalah dengan Pemberian stimulus berupa reward atau punishment dan kerjasama antara guru dan orang tua. Berdasarkan analisis data yang diadakan di MI Qur‟aniah V Palembang dapat disimpulkan dan dipahami bahwa peran guru dan orang tua dalam memotivasi belajar pada anak yang berprestasi dan kurang berprestasi, keduannya sama-sama berperan dalam memberikan perhatian dan bimbingan pada anaknya sedangkan orang tua anak yang kurang berprestasi masih kurang mendapatkan perhatian dan bimbingan serta motivasi dari prang tua.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Peran Guru dan Orang Tua, Motivasi Belajar, Anak
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 03 Feb 2023 02:02
Last Modified: 03 Feb 2023 02:02
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/25138

Actions (login required)

View Item View Item