ANALISIS PERAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) PADA USAHA PEMPEK 26 ILIR PALEMBANG UNTUK MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

DENI CANDRA ERZAL, 1626303 and Lisnawati, Lisnawati and ABDULLAH, ABDULLAH (2021) ANALISIS PERAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) PADA USAHA PEMPEK 26 ILIR PALEMBANG UNTUK MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
TESIS LENGKAP.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Memenuhi kebutuhan hidup didunia dan diakhirat dengan tujuan menjadi sejahtera baik terpenuhi kebutuhan primer, sekunder dan tersier masyarakat harus memiliki kemampuan dan kreativitas dalam melihat peluang dan potensi di lingkungan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Peran Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam perspektif ekonomi Islam pada usaha pempek di 26 Ilir Palembang. Penelitian ini dengan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan yaitu Obesrvasi dengan mengamati keadaan sekitar, wawancara langsung kepada objek penelitian yaitu pemilik usaha, karyawan masyarakat setempat dan pelanggan, dokumentasi yang digunakan untuk melengkapi data secara akurat dalam bentuk foto dan data tertulis secara langsung dan studi kepustakaan untuk menjadikan dasar teori dalam penelitian. Metode analisis data menggunakan metode Trianggulasi untuk memproleh data secara meluas dan lebih konsisten, tuntas dan pasti. Hasil Penelitian menyatakan bahwa 1) Peran Usaha Mikro Kecil Menegah (UMKM) dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat pada usaha kuliner pempek 26 Ilir Palembang sudah cukup baik bagi masyarakat sekitar terutama bagi pemilik usaha pempek 26 Ilir Palembang , dari sisi pendapat sudah masuk dalam katagori memenuhi kebutuhan hidup baik kebutuhan pribadi, usaha dan lainnya. Keberadaan UMKM kuliner ini memberikan keberlangsungan hidup dan tingkat kesejahteraan masyarakat Palembang. 2) Peran Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat di tinjau dari perspektif Ekonomi Islam sudah berjalan cukup signifikan dalam memberikan produk yang halal dan sesuai dengan syariat Islam. Dari sisi kesejahteraan masyarakat yang mencakup kebutuhan Dharuriyat, Hajiyat, Tahsiniyat dan didukung aspek spiritual yakni ketenangan dan kenyamanan hati sehingga menjadikan kesejahteraan di dunia dan akhirat, Sehingga dari sisi manfaat dalam ekonomi Islam dapat dirasakan oleh semua kalangan masyarakat yang menimbulkan terjalin emosional yang dekat, saling membantu dan tolong menolong dalam menjalin silahturahmi untuk membangkitkan kesejahteraan usaha yang bernuansa Islami.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Peran, UMKM, Kesejahteraan Masyarakat, Ekonomi Islam
Subjects: Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Divisions: Pascasarjana > Program Magister > 74134 - Ekonomi Syariah (S2)
Depositing User: DENI CANDRA ERZAL 1636303
Date Deposited: 07 Feb 2023 03:29
Last Modified: 07 Feb 2023 03:29
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/25211

Actions (login required)

View Item View Item