Potensi kulit batang Sungkai (Peronema canescens Jack) sebagai antibakteri Salmonella typhi dan sumbangsihnya berupa buku pedoman praktikum siswa SMA/MA.

Alin Mufly Khatin, Alin Mufly Khatin (2023) Potensi kulit batang Sungkai (Peronema canescens Jack) sebagai antibakteri Salmonella typhi dan sumbangsihnya berupa buku pedoman praktikum siswa SMA/MA. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
Cover Skripsi.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1 Skripsi .pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2 skripsii.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Babb 3 skripsi.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4 skripsii.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5 skripsi .pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar pustaka skripsi.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak skripsi.pdf

Download (34kB) | Preview

Abstract

POTENSI KULIT BATANG SUNGKAI (Peronema canescens Jack) SEBAGAI ANTIBAKTERI Salmonella typhi DAN SUMBANGSIHNYA BERUPA BUKU PEDOMAN PRAKTIKUM SISWA SMA/MA ABSTRAK Salmonella typhi merupakan bakteri gram negatif yang dapat menyebabkan penyakit demam tifoid. Antibiotik digunakan untuk mencegah dan mengobati infeksi bakteri. Penggunaan antibiotik yang secara tidak tepat dapat menyebabkan resistensi antibiotik. Bagian kulit batang sungkai sebagai alternatif karena kandungan pada daun dan kulit sungkai mempunyai kesamaan, diperoleh informasi bahwa mengandung senyawa fenolik, tanin, alkaloid, steroid, saponin, dan flavonoid yang berpotensi sebagai antibakteri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi kulit batang tanaman sungkai (Peronema canescens) sebagai antibakteri dan untuk mengetahui sumbangsih yang akan digunakan pada siswa SMA/MA terhadap buku pedoman praktikum. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan acak lengkap (RAL) terhadap 5 perlakuan dan 3 ulangan. Diuji dengan metode difusi cakram pada konsnetrasi ekstrak kulit batang sungkai 50%, 75%, 100% dan kontrol positif tetrasiklin dan kontrol negatif DMSO. Hasil menunjukan ekstrak kulit batang sungkai pada penelitian ini berpengaruh sebagai antibakteri terhadap pertumbuhan Salmonella typhi didapatkan hasil rata-rata pada masing-masing konsentrasi yaitu 50% didapatkan 70,94%, 75 % didapatkan hasil 76,25% dan konsentrasi 100% didapatkan hasil 80,67%. Dan hasil validitas sumbangsih berupa buku pedoman praktikum untuk siswa SMA/MA dinyatakan layak yang berarti valid untuk dijadikan pedoman praktikum siswa. Kata kunci : Sungkai, Antibakteri, Bakteri, Salmonella typhi, buku pedoman praktikum.

Item Type: Article
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: ALIN MUFLY KHATIN 1910207022
Date Deposited: 20 Feb 2023 04:50
Last Modified: 20 Feb 2023 04:50
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/25222

Actions (login required)

View Item View Item