PERAN KOMUNIKASI KELUARGA DALAM MENDIDIK ANAK USIA DINI (STUDI PADA SUKU BATAK DAN JAWA KECAMATAN MADANG SUKU III KABUPATEN OGAN KOMERING ULU TIMUR)

Sari, Wulan (2023) PERAN KOMUNIKASI KELUARGA DALAM MENDIDIK ANAK USIA DINI (STUDI PADA SUKU BATAK DAN JAWA KECAMATAN MADANG SUKU III KABUPATEN OGAN KOMERING ULU TIMUR). Undergraduate Thesis thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img] Text
WULAN SARI 1930701082.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Keluarga memiliki peran sangat besar dalam mempengaruhi kehidupan dan perilaku anak. Kedudukan dan fungsi keluarga itu bersifat fudamental dalam mendidik yang tentunya tidak terlepas dari faktor nilai-nilai budaya. Disetiap kebudayaan tentu akan ditemui cara mendidik keluarga yang berbeda pula. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui bagaimana peran komunikasi keluarga dalam mendidik anak usia dini pada suku Batak dan Jawa, (2) mengetahui faktor penghambat peran komunikasi keluarga dalam mendidik anak usia dini pada suku Batak dan Jawa. Melalui metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif sebagai bentuk analisa dan pembahasan terhadap data yang diperoleh. Teori yang digunakan pada penelitian ini yaitu teori peran. Dalam pengumpulan data menggunakan instrumen berupa observasi langsung, wawancara mendalam terhadap delapan informan terdiri dari empat suku Batak dan empat suku Jawa yang sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan oleh peneliti sebagai narasumber penelitian. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat diperoleh bahwa peran komunikasi keluarga dalam mendidik suku Batak lebih cenderung keras dalam mendidik serta lebih menekankan pada aturan-aturan dalam keluarga yang harus dipatuhi oleh anak dan memiliki karakter yang progresif, berani dan mandiri. Sementara cara mendidik keluarga suku Jawa yang cenderung lemah lembut yang terkesan kalem yang lebih menekankan nilai-nilai agama, rukun dan hormat. Adapun faktor penghambat yang terjadi antara keluarga suku Batak maupun Jawa yaitu adanya hambatan internal beupa konflik peran. Hal ini terjadi karena adanya peranan dan tugas-tugas yang berbeda, dalam membagi waktu antara berkerja dan dirumah bersama anak serta adanya hambatan eksternal berupa faktor lingkungan sosial, perkembangan teknologi dan komunikasi. Kata Kunci : Peran, Interpersonal, Suku

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaanfisip@radenfatah.ac.id
Date Deposited: 08 Feb 2023 01:43
Last Modified: 08 Feb 2023 01:43
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/25256

Actions (login required)

View Item View Item