POLA KOMUNIKASI ORANG TUA KEPADA ANAK TERHADAP PELANGGARAN ADAT LARANGAN PERNIKAHAN SESAMA SUKU (Studi Fenomenologi terhadap Adat Larangan Pernikahan Sesama Suku Tanjung di Minangkabau Lubuk Basung Sumatera Barat)

Werliana, Hesti (2023) POLA KOMUNIKASI ORANG TUA KEPADA ANAK TERHADAP PELANGGARAN ADAT LARANGAN PERNIKAHAN SESAMA SUKU (Studi Fenomenologi terhadap Adat Larangan Pernikahan Sesama Suku Tanjung di Minangkabau Lubuk Basung Sumatera Barat). Undergraduate Thesis thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img] Text
HESTI WERLIANA 1710701014.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis makna pola komunikasi orang tua kepada anak dari proses komunikasi pasangan yang menikah sesama suku Tanjung di Minangkabau Lubuk Basung Sumatera Barat. Komunikasi merupakan salah satu bentuk tumpuan yang tidak dapat dipisahkan dari manusia sebagai makhluk sosial. Penelitian ini berfokus untuk mengetahui bagaimana pola komunikasi orang tua terhadap anak yang melanggar adat larangan menikah sesama suku dan dapat memahami nilainilai yang terdapat pada adat larangan pernikahan sesama suku. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini yaitu pasangan yang menikah sesama suku dan orang tua dari pasangan yang menikah sesuku, yaitu tiga orang tua dari anak yang mel;anggar adat dan tiga pasangan yang melanggar adat larangan menikah sesuku. Adapun penelitian ini berlandaskan teori fenomenologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebenarnya pernikahan itu sudah menjadi hal yang wajib dilakukan oleh sepasang kekasih, akan tetapi dalam adat pernikahan sesama suku ini memiliki keunikan sendiri dalam adat Minangkabau yaitu pasangan dilarang menikah walaupun bukan saudara kandung. Hal tersebut merupakan sesuatu hal yang dapat mengubah pola komunikasi anak dan orang tua. Perubahan pola komunikasi anak terhadap orang tua dapat dilihat dari sebelum pasangan itu menikah dimana pasangan yang melanggar adat itu sangatlah dekat dengan keluarga dan tidak ada kendala dalam berkomunikasi dengan keluarga. Kemudian setelah mereka menikah komunikasi yang terjadi antara orang tua dan anak berbanding terbalik sebelum mereka menikah. Setelah mereka menikah pasangan tersebut sangat kesulitan dalam berkomunikasi bersama keluarganya karena pasangan itu harus menaati hukum adat yang berlaku diMinangkabau Lubuk Basung Sumatera Barat. Kata Kunci : Adat, Anak, Pernikahan, Suku

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaanfisip@radenfatah.ac.id
Date Deposited: 08 Feb 2023 01:44
Last Modified: 08 Feb 2023 01:44
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/25264

Actions (login required)

View Item View Item