Potensi Ekstrak Jamur Endofit Penicillium oxalicum Batang Sungkai (Peronema canescens) Sebagai Antibakteri Salmonella typhi

Finurti, Elly (2022) Potensi Ekstrak Jamur Endofit Penicillium oxalicum Batang Sungkai (Peronema canescens) Sebagai Antibakteri Salmonella typhi. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
Cover Skripsi Elly.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Skripsi Elly.pdf

Download (531kB) | Preview
[img] Text
Bab 1 Skripsi Elly.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 2 skripsi Elly.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
Bab 3 skripsi Elly.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
Bab 4 skripsi Elly.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
Bab 5 skripsi Elly.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka skripsi Elly.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kemampuan jamur endofit dalam menghasilkan senyawa bioaktif merupakan hal yang potensial untuk dikembangkan menjadi senyawa obat baru, karena jamur ini dapat menghasilkan senyawa metabolit sekunder yang sama dengan inangnya. Penicillium oxalicum merupakan salah satu jamur endofit yang dilaporkan memiliki beberapa bioaktivitas termasuk sebagai antibakteri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan zona hambat jamur P.oxalicum dari batang sungkai (Peronema canescens) dalam menghasilkan senyawa antibakteri dan mengetahui konsentrasi optimum ekstrak jamur P.oxalicum terhadap zona hambat bakteri Salmonella typhi. Jamur endofit P.oxalicum ditumbuhkan pada media PDA dan dikultivasi dengan media PDB. Ekstraksi dilakukan dengan pelarut etil asetat dan dievaporasi untuk mendapatkan ekstrak kental. Uji aktivitas antibakteri dari ekstrak jamur P.oxalicum dilakukan dengan metode difusi cakram. Skrining fitokimia pada ekstrak dilakukan melalui reaksi warna dengan menggunakan suatu pereaksi. Dari pengujian aktivitas antibakteri didapatkan hasil bahwasannya ekstrak jamur P.oxalicum memberikan aktivitas antibakteri terhadap bakteri uji yaitu S.typhi dengan konsentrasi 10.000 ppm dan 7.500 ppm menunjukkan rata-rata aktivitas penghambatan yang kuat sedangkan pada konsentrasi 5.000 ppm menunjukkan rata-rata aktivitas penghambatan yang sedang. Hasil pengujian metabolit sekunder pada ekstrak jamur P.oxalicum diperoleh golongan senyawa flavonoid, saponin, tanin dan terpenoid. Hasil dari Uji One Way ANOVA didapatkan hasil bahwasannya nilai F. Hitung lebih besar dibandingkan dengan F. Tabel 5% yang berarti berbeda nyata atau signifikan (*). Pengaruh dari ekstrak jamur endofit P.oxalicum menunjukan F. Hitung 14836,63 > F. Tabel 5% yakni 2,87% pada taraf kepercayaan 95% yang artinya ekstrak jamur endofit P.oxalicum berpengaruh nyata terhadap pertumbuhan bakteri S.typhi. Kata kunci: Antibakteri, Jamur endofit, Peronema canescens, Penicillium oxalicum, Salmonella typhi.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Antibakteri, Jamur endofit, Peronema canescens, Penicillium oxalicum, Salmonella typhi.
Subjects: Sains dan Teknologi > Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 46201 - Biologi
Depositing User: ELLY FINURTI 1930801015
Date Deposited: 08 Feb 2023 01:46
Last Modified: 08 Feb 2023 01:46
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/25292

Actions (login required)

View Item View Item