STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM PROMOSI WISATA KEPULAUAN BELITUNG (Studi Pada Akun Instagram @explorebelitung)

PRATAMA, NICO AGUNG (2023) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM PROMOSI WISATA KEPULAUAN BELITUNG (Studi Pada Akun Instagram @explorebelitung). Undergraduate Thesis thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img]
Preview
Text
Nico,full bab.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Nico Agung Pratama. cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (610kB)

Abstract

Akun @explorebelitung merupakan salah satu akun instagram tour and travel pariwisata pulau Belitung yang dibuat pada tahun 2014 dan memiliki 52,2 ribu followers di Instagram, akun ini juga memiliki agen perjalanan sendiri bagi wisatawan yang tertarik untuk mengunjungi pulau Belitung dan memerlukan tour guide. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui instagram sebagai media promosi wisata kepulauan Belitung dalam strategi komunikasi pemasaran. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data primer penelitian ini yaitu dari data pemilik akun Instagram @explorebelitung melalui wawancara. Sumber data sekundernya yaitu berupa jurnal, situs, buku, dan arsip pribadi dari akun @explorebelitung. Teori yang digunakan adalah teori bauran pemasaran 7P yang dikemukakan oleh Philip Kotler dan keller yang dimana terdapat elemenelemen di dalalamnya yakni Product, Price, Place, Promotion, People, Process, Physical Evidance. Hasil yang ditemukan pada penelitian ini adalah media Instagram berhasil menjadi media promosi wisata kepulauan Belitung yang ditunjukkan melalui strategi komunikasi pemasaran, ditemukan bahwa productnya adalah paket tour dan travel, sewa kendaraan darat, sewa kendaraan laut, dan jasa dokumentasi. Pricenya dengan include terlampir. Place dalam hal ini merupakan akun Instagram @explorebelitung itu sendiri. Dan proses Promotion dalam akun ini selalu disampaikan melalui akun Instagram namun hanya berlaku untuk promosi seputar destinasi dan edukasi mengenai wisata di kepulauan Belitung. People dalam penelitian ini ada pada SDM yang tergabung dalam akun Instagram @explorebelitung seperti admin, tour guide, dan fotografer dokumentasi. Kata Kunci: Sosial Media, Wisatawan, Strategi Komunikasi Pemasaran

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaanfisip@radenfatah.ac.id
Date Deposited: 13 Feb 2023 04:44
Last Modified: 13 Feb 2023 04:44
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/25331

Actions (login required)

View Item View Item