Peningkatan Kecerdasan Kinestetik Melalui Kegiatan Tari Kreasi Pada Anak Usia Dini Kelas B Di PAUD Mutiara Dusun I Desa Lumpatan II

Melia, Dewi (2023) Peningkatan Kecerdasan Kinestetik Melalui Kegiatan Tari Kreasi Pada Anak Usia Dini Kelas B Di PAUD Mutiara Dusun I Desa Lumpatan II. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
Skripsi Dewi Melia 1730210078 SELESAI SIAP CETAK.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kecerdasan kinestetik anak yang ditandai dengan aspek koordinasi tubuh, kelincahan, kekuatan, keseimbangan, dan koordinasi mata, tangan dan kaki. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menguji apakah kecerdasan kinestetik anak dapat ditingkatkan dengan kegiatan tari kreasi. Populasi nya seluruh anak kelompok B dan sampel yang diambil adalah kelas B (Anggrek) sebanyak 12 anak. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan. Menggunakan desain penelitian Kemmis & Mc Taggart yang terdiri dari perencanaan, tindakan observasi dan refleksi. Terdapat dua siklus dan dalam satu siklusnya enam kali pertemuan. Dalam mengumpulkan data digunakan adalah observasi dimana terdapat catatan lapangan, catatan wawancara dan catatan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menenunjukkan bahwa pada tahap prasiklus kecerdasan kinestetik anak berada pada kategori Belum Berkembang 6,66 (33%) sedangkan setelah menggunakan kegiatan seni tari kreasi pada siklus I mencapai tingkat kategori Mulai Berkembang 14,83 (61,6%) dan pada siklus II mencapai tingkat kategori Berkembang Sesuai Harapan 19,5 (85%). Dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan yang cukup signifikan pada kecerdasan kinestetik melalui kegiatan tari kreasi .

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Tari kreasi, Kecerdasan kinestetik
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86233 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: DEWI MELIA 1730210078
Date Deposited: 14 Feb 2023 04:22
Last Modified: 14 Feb 2023 04:22
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/25338

Actions (login required)

View Item View Item