Pemanfaatan Ampas Kelapa (Coco nucifera) Dan Tumbuhan Azolla Sebagai Pakan Organik Terhadap Pertumbuhan Ikam Lele (Clarias sp.)

DWITAMI, DHIZA REGGY (2023) Pemanfaatan Ampas Kelapa (Coco nucifera) Dan Tumbuhan Azolla Sebagai Pakan Organik Terhadap Pertumbuhan Ikam Lele (Clarias sp.). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (11kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II .pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV .pdf
Restricted to Registered users only

Download (603kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V .pdf
Restricted to Registered users only

Download (6kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (23kB) | Preview

Abstract

Indonesia pada dasarnya adalah negara yang mempuyai keanekaragaman hayati yang melimpah. Salah satu kekayaannya adalah sumber daya perikanan. Namun, dari segi pemanfaatan belum terlihat upaya maksimal dari masyarakat indonesia untuk mengoptimalkan sumber daya perikanan dan kelautan ini. Salah satu ikan air tawar yang cukup populer dimasyarakat indonesia dan mudah untuk di budidayakan yaitu ikan lele (Clarias sp.). Pada dasarnya kendala disetiap usaha budidaya perikanan yang banyak dikeluhkan pembudidaya ikan adalah mahalnya harga pakan komersil dan tingginya tingkat keracunan akibat sisa pakan pelet yang tidak dimakan oleh ikan. Hal ini perlu adanya pengembangan sistem produksi perikanan dengan menggunakan tumbuhan yang bisa digunakan untuk pakan ikan yaitu ampas kelapa dan tumbuhan azolla. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh ampas kelapa (Coco nucifera) dan tumbuhan azolla terhadap pertumbuhan ikan lele (Clarias sp.). penelitian ini menggunakan metode ekperimental dengan rancangan acak lengkap (RAL) non faktorial yang terdiri dari 4 perlakuan yaitu, P0 (tanpa pemberian makan), P1 (Pemberian 100% ampas kelapa), P2 (Pemberian 100% tumbuhan azolla), dan P3 (Kombinasi 50% ampas kelapa dan 50% tumbuhan azolla). Pemberian makan dilakukan secara at satiation. Hasil penelitian terbaik adalah perlakuan P3 dengan menunjukkan berat 20,20 gr dan panjang 12,20 cm yang memberikan hasil sangat signifikan untuk pertumbuhan ikan lele (Clarias sp.), baik untuk perumbuhan berat maupun panjang. Hasil efesiensi pakan 92, 44% dan kelangsungan hidup ikan sebanyak 100%. Sehingga dapat diartikan bahwa pemberian ampas kelapa dan tumbuhan azolla sebagai pakan organik berpengaruh terhadap pertumbuhan ikan lele (Clarias sp.) Kata kunci: Ikan Lele, Ampas kelapa, Tumbuhan Azolla, dan Pertumbuhan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Ikan Lele, Ampas kelapa, Tumbuhan Azolla, dan Pertumbuhan.
Subjects: Sains dan Teknologi > Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 46201 - Biologi
Depositing User: DHIZA REGGY DWITAMI 1730801021
Date Deposited: 01 Mar 2023 01:20
Last Modified: 01 Mar 2023 01:20
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/25384

Actions (login required)

View Item View Item