POLA KOMUNIKASI RITUAL KEMBAR MAYANG DALAM TRADISI LOKAL DI DESA MEKAR JADI KECAMATAN SUNGAI LILIN KABUPATEN MUSI BANYUASIN PROVINSI SUMATERA SELATAN

FITRIYANI, FITRIYANI (2023) POLA KOMUNIKASI RITUAL KEMBAR MAYANG DALAM TRADISI LOKAL DI DESA MEKAR JADI KECAMATAN SUNGAI LILIN KABUPATEN MUSI BANYUASIN PROVINSI SUMATERA SELATAN. Masters thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Lengkap Tesis Fitriyani.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Kebudayaan tercipta melalui proses intraksi yang terjadi pada suatu kelompok masyarakat yang tinggal bersama pada suatu wilayah dalam jangka waktu yang sangat lama, disebarkan dan wariskan secara turun temurun melalui proses komunikasi. Penelitian ini menganalisis bagaimana prosesi pernikahan adat Jawa dengan menggunakan kembar mayang di desa Mekar Jadi dan mengfokuskan bagaimana pola komunikasi dalam upacara tradisi kembar mayang di desa Mekar Jadi kecamatan Sungai Lilin. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prosesi pernikahan adat Jawa dengan menggunakan kembar mayang adalah produk budaya masyarakat yang sampai saat ini masih dijaga kemurniannya. Pola komunikasi pada ritual Kembar Mayang menggunakan komunikasi horizontal. Jenis komunikasi pada tradisi ini menggunakan komunikasi verbal dan nonverbal. Sedangkan fungsi komunikasi tradisi Kembar Mayang tertuju pada komunikasi ritual dan komunikasi sosial.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: PROGRAM STUDI: STUDI ISLAM (S2)
Uncontrolled Keywords: pola komunikasi, etnografi, interaksi simbolik
Subjects: 900 Sejarah dan Geografi > Sejarah Umum Asia, Timur, Timur Jauh > Sejarah Indonesia
Depositing User: PPS Pasca Sarjana
Date Deposited: 15 Feb 2023 07:50
Last Modified: 15 Feb 2023 07:50
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/25400

Actions (login required)

View Item View Item