ANALISIS MULTIMODAL PADA IKLAN INDOMIE HYPEABIS #PEDASINDONESIANYAHYPEABIS ANALISIS MULTIMODAL PADA IKLAN INDOMIE HYPEABIS #PEDASINDONESIANYAHYPEABIS ANALISIS MULTIMODAL PADA IKLAN INDOMIE HYPEABIS #PEDASINDONESIANYAHYPEABIS

M.ABDULLAH, 1730501105 (2023) ANALISIS MULTIMODAL PADA IKLAN INDOMIE HYPEABIS #PEDASINDONESIANYAHYPEABIS ANALISIS MULTIMODAL PADA IKLAN INDOMIE HYPEABIS #PEDASINDONESIANYAHYPEABIS ANALISIS MULTIMODAL PADA IKLAN INDOMIE HYPEABIS #PEDASINDONESIANYAHYPEABIS. Undergraduate Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
Skripsi_M ABDULLAH_1730501105.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berfokus pada analisis multimodal pada iklan Indomie Hypeabis yang mempunyai tagline #PedasIndonesianyaHypeabis. Metode yang digunakan adalah metode penelitian deskriftif kualitatif melalui observasi dan dokumentasi. Penelitian ini mendeskripsikan jenis multimodal yang ada dalam iklan Indomie Hypeabis varian rasa Seblak Hot Jeletot dan Ayam Geprek serta menjelaskan tentang bagaimana komponen visual dan verbal dalam iklan Indomie Hypeabis dan bagaimana unsur linguistik dan unsur visual saling memperkuat makna yang terkandung didalam iklan Indomie Hypeabis ini. Untuk menganalisis unsur- unsur semiotik dalam iklan Indomie Hypeabis dengan menerapkan teori periklanan yang dipadukan dengan teori multimodal Kress dan Van Leeuwen, serta lima unsur semiotik Anstey dan Bull. Iklan ini dianalisis unsur multimodalnya yaitu unsur linguistik, visual, gestural, audio dan spatial. Maka didapatlah hasil penelitian bahwa iklan Indomie Hypeabis varian rasa Seblak Hot Jeletot dan Ayam Geprek mempunyai kelima aspek multimodal. Pada iklan ini menampilkan unsur linguistik yang berisikan akulturasi budaya pantun dan rap modern dengan nilai kompetitif. Unsur visualnya memperlihatkan kreatifitas akulturasi budaya tradisional dan modern ditambah isu Covid-19. Unsur gestural pada iklan ini berisi kegiatan dikala PSBB pandemi Covid-19. Unsur spatial menunjukkan tonjolan produk yang dijual didalam iklan. Sedangkan unsur audio menunjukkan perpaduan pantun yang dinyanyikan dalam nada rap dengan di iringi musik tradisional gamelan. Selanjutnya, didapatkan bahwa antara unsur linguistik dan unsur visual saling memperkuat makna antara satu sama lainnya, yaitu unsur linguistik memperkuat unsur visual begitu juga sebaliknya. Kata Kunci: Multimodal, Iklan, Indomie, Periklanan

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: 000 Komputer, Informasi, dan Referensi Umum > Karya Umum > Analisis dan desain sistem-sistem, arsitektur komputer, evaluasi daya guna komputer
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: M ABDULLAH 1730501105
Date Deposited: 22 Feb 2023 01:55
Last Modified: 22 Feb 2023 01:55
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/25402

Actions (login required)

View Item View Item