Aktivitas Guru Dalam Mengembangkan Aspek Sosial Emosional Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Kooperatif di Raudhatul Athfal Melati Ogan Komering Ulu

Sipayona, Tianfa (2023) Aktivitas Guru Dalam Mengembangkan Aspek Sosial Emosional Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Kooperatif di Raudhatul Athfal Melati Ogan Komering Ulu. Aktivitas Guru Dalam Mengembangkan Aspek Sosial Emosional Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Kooperatif di Raudhatul Athfal Melati Ogan Komering Ulu. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL BAB 1-5 TIAN2 FIKS.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berjudul “Aktivitas Guru Dalam Mengembangkan Aspek Sosial Emosional pada Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Kooperatif di RA Melati Ogan Komering Ulu”. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya kinerja guru dalam mengembangkan kecerdasan sosial emosional Anak Usia Dini melalui pembelajaran kelompok yang disebut dengan pembelajaran kooperatif. Permasalahan dari penelitian ini adalah bagaimana aspek sosial emosional Anak Usia dini di RA Melati Ogan Komering Ulu, bagaiamana pembelajaran kooperatif di RA Melati Ogan Komering Ulu dan bagaimana aktivitas guru dalam mengemabangkan aspek sosial emosional Anak Usia Dini melalui pembelajaran kooperatif di RA Melati Ogan Komering Ulu. Sedangkan tujuan peneliitiann ini untuk mengetahui aspek sosial emosional anak Anak Usia Dini, selain itu untuk mengetahui pembelajaran kooperatif dan mengetahui aktivitas guru dalam mengembangkan aspek sosial emosional Anak Usia Dini melalui pembelajaran kooperatif. Penelitian ini merupakan penelitian deskriftif kualitatif. Informan pokok dalam penelitian ini adalah guru kelas dan informan pendukung adalah kepala sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara,observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisa secara destriftif dengan menggunakan teknik anlisis interaktif yang meliputi reduksi data penyajian data, penarikan kesimpulan dan keabsahan data. Hasil penelitian ini menunjukkan aspek sosial emosional aud sudah berkembang sesuai harapan yaitu : 1) pemahaman diri, 2) sikap tanggung jawab 3) sikap prososial dan 4) sikap empati. Dengan demikian penulis menyimpulkan bahwa sosial emosional pada Anak Usia dini melalui pembelajaran kooperatif di RA Melati Ogan Komering ulu sudah berjalan dengan baik. Adapun pembelajaran kooperatif yaitu : 1) penyampaian tujuan 2) penyajian informasi 3) pengorganisasian kepada anak dalam kelompok belajar 4) bimbingan kepada anak dan 5) pengevaluasian juga sudah berkembang sesuai harapan . Dan aktivitas guru dalam mengembangkan aspek sosial emosioanal melaui pembelajaran kooperatif dilakukan dengan model pembelajaran secara berkelompok yang dibagi secara berkelompok yang dibagi dalam kelompok kecil dan dari kelompok ini bertujuan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan oleh pendidik. Kata kunci : aktivitas guru, aspek sosial emosional dan pembelajaran kooperatif

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : aktivitas guru, aspek sosial emosional dan pembelajaran kooperatif
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86233 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: TIANFA SIPAYONA 1810210034
Date Deposited: 16 Feb 2023 01:17
Last Modified: 16 Feb 2023 01:17
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/25404

Actions (login required)

View Item View Item