Persepsi Mahasiswi Bertubuh Gemuk Terhadap Body Shaming dalam Film Imperfect (Studi Pada Mahasiswi UIN Raden Fatah Palembang)

REDO, REDO (2023) Persepsi Mahasiswi Bertubuh Gemuk Terhadap Body Shaming dalam Film Imperfect (Studi Pada Mahasiswi UIN Raden Fatah Palembang). Undergraduate Thesis thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img] Text
REDO 1710701024.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Perubahan fisik membuat seseorang akan lebih memperhatikan penampilannya, terutama pada kalangan remaja perempuan yang selalu ingin terlihat menarik di depan semua orang. Bagi kalangan remaja perempuan, penampilan sangatlah penting ketika mulai beranjak dewasa tidak dapat dipungkiri bahwa dengan penampilan yang menarik dapat memikat lawan jenis. Penampilan yang menarik tersebut merupakan penampilan yang sesuai dengan standart yang ada di masyarakat. Seperti perilaku body shaminng yang dilakukan terhadap remaja akan berdampak buruk bagi perkembangan sosialnya baik pada masa remaja itu sendiri ataupun pada masa masa seterusnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi Mahasiswi padabody shaming di kalangan perempuan bertubuh gemuk yang ada di dalam film Imperfect. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini yaitu Mahasiswi UIN Raden Fatah Palembang. Adapun penelitian ini berlandaskan teori interaksionalisme simbolik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa korban Body Shaming merasa dirinya di jauhi, di bully dengan perkataan yang menyakitkan hati seperti disindir mengenai berat badan/tubuh yang gemuk melebihi berat idealnya perempuan dan disindir karena mempunyai wajah yang tidak mulus (jerawatan) dan merasa insecure, yang dimana seorang individu merasa tidak percaya diri, takut, cemas dan lainnya akan suatu hal yang dipicu oleh rasa tidak puas dan tidak yakin akan diri sendiri. Kata kunci : Body Shaming, Gemuk, Perempuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaanfisip@radenfatah.ac.id
Date Deposited: 22 Feb 2023 01:55
Last Modified: 22 Feb 2023 01:55
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/25449

Actions (login required)

View Item View Item