POLA KOMUNIKASI EMPATIK PENGASUH DALAM MELAYANI ANAK-ANAK PANTI (Studi pada Panti Asuhan Titipan Ilahi Jalan Mayor Salim Batubara Lorong Langgar Kecamatan Kemuning Kota Palembang)

DEWI, RESTI BUANA TUNGGA (2022) POLA KOMUNIKASI EMPATIK PENGASUH DALAM MELAYANI ANAK-ANAK PANTI (Studi pada Panti Asuhan Titipan Ilahi Jalan Mayor Salim Batubara Lorong Langgar Kecamatan Kemuning Kota Palembang). Undergraduate Thesis thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img] Text
SKRIPSI RESTI BUANA TUNGGA DEWI NIM. 1710701027.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Komunikasi interpersonal merupakan proses penyampaian informasi, pikiran dan sikap tertentu antara dua orang atau lebih yang terjadi pergantian pesan baik sebagai komunikan maupun komunikator dengan tujuan untuk mencapai saling pengertian, mengenai masalah yang akan dibicarakan yang akhirnya diharapkan terjadi perubahan perilaku. Dari proses komunikasinya, akan timbul pola, model, bentuk serta bagian lainnya yang berhubungan dengan proses komunikasi. Komunikasi merupakan proses segala arti yang ditunjukan melalui tingkah laku verbal dan non verbal. Selama perilaku tersebut, komunikasinya akan melibatkan dua orang atau bahkan lebih. Tujuan dalam peneliti ini adalah untuk menemukan pola komunikasi pengasuh dalam melayani anak asuhnya dan sikap pengasuh dari verbal dan non verbalnya. Metode dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, yang bersifat deskriptif. Beberapa teknik pengumpulan data yakni observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian yakni pengasuh yakni sangat mengayomi anak asuhnya, semua anggota berpartisipasi dalam mencapai tujuan bersama. Teori yang digunakan adalah teori sifat adalah karakteristik individu yang dapat dibedakan dengan individu lainnya. Poin utama dalam penelitian ini adalah cara pengasuh yang ada di Panti Asuhan Titipan Ilahi kota Palembang yang ada di Jalan Mayor Salim Batubara Lorong Langgar dalam mengasuh anak panti diketahui jika sikap di lihat dari verbal dan nonverbalnya adalah, pengasuh sangat cemas dan kwatir jika terjadi sebuah masalah yang menimpa anak asuhnya, pengasuh selalu menginggatkan dan memberikan pengajaran mana yang boleh dan tidak dilakukan demi kebaikan setiap anak-anak asuh. Pengasuh akan memberikan perhatian yang lebih kepada anak asuh yang masih kecil, seperti mengajak belajar bersama, dan bermain. Sedangkan untuk anak asuh yang sudah besar, pengasuh sebatas memberikan nasehat-nasehat setiap harinya agar mereka tidak ada yang salah pergaulan. Kata kunci : Komunikasi Interpersonal, Komunikasi Verbal dan Non-Verbal, Empati dan Panti Asuhan Titipan Ilahi kota Palembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaanfisip@radenfatah.ac.id
Date Deposited: 24 Feb 2023 02:01
Last Modified: 24 Feb 2023 02:01
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/25451

Actions (login required)

View Item View Item