MICHELIA, NI AISYAH (2022) STRATEGI KOMUNIKASI RELAWAN DALAM MENINGKATKAN NASABAH BANK SAMPAH MEKAR JAYA DI KELURAHAN MARIANA KABUPATEN BANYUASIN. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
Ni Aisyah Michelia (Cover).pdf Download (35kB) | Preview |
|
|
Text
Ni Aisyah Michelia (Abstrak).pdf Download (147kB) | Preview |
|
Text
BAB satu.pdf Restricted to Registered users only Download (488kB) |
||
Text
BAB II Skripsi Ni Aisyah M-1.pdf Restricted to Registered users only Download (500kB) |
||
Text
BAB III Skripsi Ni Aisyah M 2.pdf Restricted to Registered users only Download (184kB) |
||
Text
BAB IV Skripsi Ni Aisyah M.pdf Restricted to Registered users only Download (455kB) |
||
Text
BAB V skripsi Ni Aisyah M 2.pdf Restricted to Registered users only Download (157kB) |
||
Text
Ni Aisyah Michelia (Daftar Pustaka).pdf Restricted to Registered users only Download (289kB) |
Abstract
Penelitian ini berjudul Strategi Komunikasi Relawan Dalam Meningkatkan Nasabah Bank Sampah Mekar Jaya Di Kelurahan Mariana Kabupaten Banyuasin. Bank sampah merupakan sebuah konsep pengumpulan sampah kering yang berasal dari rumah tangga yang bertujuan memaksimalkan partisipasi warga dan menambah nilai ekonomis keluarga bank sampah sendiri dikelola relawan bank sampah. Sistem pengelolaan sampah masyarakat Kelurahan Mariana selama ini belum sesuai dan dapat menimbulkan dampak negatif terhadap masyarakat dan lingkungan itu sendiri. Dalam mengatasi permasalahan sampah masyarakat, relawan bank sampah Mekar Jaya perlu mengubah pengelolaan sampah masyarakat agar menjadi nilai ekonomi bagi masyarakat itu sendiri dengan bergabung menjadi nasabah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif studi deskriptif. Menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. informan primer dalam penelitian ini ialah relawan dan nasabah Bank Sampah Mekar Jaya dan data sekunder diperoleh dari dokumen bank sampah. Adapun teori yang digunakan adalah teori komunikasi Harold D Lasswell dan Teori Shannon and Weaver. Dari penelitian ditemukan bahwa Hasil dari penelitian yang dilakukan mengenai Strategi Komunikasi Relawan Dalam Meningkatkan Nasabah Bank Sampah Mekar Jaya adalah relawan bank sampah dalam kegiatan sosialisasi memilih sumber informasi/komunikator dalam penyampaian pesan, mengenali sasaran komunikasi, kemudian penyampaian pesan dan komunikasi yang digunakan, setelah dilakukan timbulah efek yang dihasilkan bahwa strategi komunikasi relawan sudah baik dan sesuai dengan yang diinginkan relawan. Dalam hal ini ada faktor penghambat dan faktor pendukung relawan dalam meningkatkan nasabah yaitu kurang nya fasilitas yang diperlukan relawan. Kata Kunci : Strategi Komunikasi, Bank Sampah, Relawan dan Nasabah
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Komunikasi, Bank Sampah, Relawan dan Nasabah |
Subjects: | Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik Dakwah dan Komunikasi > Jurnalistik Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | NI AISYAH MICHELIA 1720501060 |
Date Deposited: | 05 Oct 2023 04:59 |
Last Modified: | 05 Oct 2023 04:59 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/25454 |
Actions (login required)
View Item |