KOMUNIKASI KELUARGA TERHADAP REMAJA DALAM UPAYA PELESTARIAN TRADISI PEMBUATAN SONGKET ( Studi Pada Desa Tanjung Pinang, Ogan Ilir)

Sari, Monika (2023) KOMUNIKASI KELUARGA TERHADAP REMAJA DALAM UPAYA PELESTARIAN TRADISI PEMBUATAN SONGKET ( Studi Pada Desa Tanjung Pinang, Ogan Ilir). Undergraduate Thesis thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img] Text
SKRIPSI_MONIKA_SARI_1920701022.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Komunikasi keluarga memilki peran penting dalam pelestarian sebuah tradisi, seperti Tradisi pembuatan songket. Songket, kain biasa dari Palembang, dibuat dengan memasukkan benang sutera, emas, perak, atau lungsih ke dalam proses penambahan benang untuk pakaian sebagai bahan dekoratif. Peneliti menjabarkan tentang komunikasi keluarga terhadap remaja dalam upaya pelestarian tradisi pembuatan songket di Desa Tanjung Pinang. Untuk mengentahui komunikasi antara keluarga ataupun orang tua terhadap anak remaja agar tertarik dalam pelestarian pembuatan songket ditengah zaman yang modern, zaman yang penuh dengan kecanggihan teknologi, dan peneltian ini juga berfokus tentang faktor penghambat dalam upaya pelestarian tradisi dikalangan remaja. Peneliti lakukan dengan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif sebagai suatu bentuk analisa dan pembahasan terhadap data yang diperoleh, dalam penelitian ini ada sebanyak 6 orang ibu-ibu pengrajin kain songket dan 2 anak remaja yang akan menjadi subjek wawancara dari penelitian ini. Teori dalam penelitian ini menggunakan teori komunikasi kebutuhan hubungan interpersonal. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan karena data diperoleh langsung dari responden dari orang tua sebagai pengrajin kain songket Desa Tanjung Pinang, hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pewarisan kerajinan pembuatan songket dalam konsep pelestarian tradisi penting untuk ditanamkan kepada generasi penerus di Desa Tanjung Pinang, tradisi songket ini sudah menjadi tradisi turun temurun dari nenek moyang, dan sebagai penerus keluarga terutama orang tua memiliki peran penting dalam proses pelestarian dan dalam proses pelestarian tradisi ini diperlukan komunikasi keluarga, karena komunikasi yang efektif dan menyenangkan dalam keluarga dapat menjadi jalan bagi orang tua untuk dapat membuat anaknya mencintai sebuah tradisi, dan dengan adanya komunikasi yang baik antara pengrajin kain songket sebagai orang tua dari anak remajanya, dapat menanamkan tentang pelestarian tradisi pembuatan songket agar terus dijalankan dan dilestarikan oleh generasi berikutnya. Kata Kunci : Komunikasi, Pelestarian, Tradisi, Songket

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaanfisip@radenfatah.ac.id
Date Deposited: 24 Feb 2023 02:04
Last Modified: 24 Feb 2023 02:04
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/25477

Actions (login required)

View Item View Item