PARTISIPASI POLITIK ORGANISASI KARANG TARUNA DIDESA GUNUNG AGUNG KECAMATAN MERAPI BARAT KABUPATEN LAHAT DALAM PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR DESA

Agustina, Ananda (2022) PARTISIPASI POLITIK ORGANISASI KARANG TARUNA DIDESA GUNUNG AGUNG KECAMATAN MERAPI BARAT KABUPATEN LAHAT DALAM PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR DESA. Undergraduate Thesis thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img] Text
FULL BAB ANANDA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
ANANDA AGUSTINA 1810702002 Cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (806kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Partisipasi Politik Organisasi Kepemudaan Karang Taruna Desa Gunung Agung Kecamatan Merapi Barat Kabupten Lahat Dalam Pembangunan Desa. Ketidakaktifan sebagian anggota karang taruna dalam hal pembangunan desa dilihat dari tiga hal yakni Pertama, aktivitas politik merupakan ancaman terhadap berbagai aspek kehidupan nya. Setiap keputusan pasti ada biaya atau resikonya. Kedua, aktivitas politik dipandang sebagai suatu kerja yang sia-sia. Ketiga, ketiadaan faktor untuk "memacu diri untuk bertindak" Atau disebut juga sebagai "perangsang politik". Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui kenapa bisa terjadi ketidakaktifan partisipasi politik oleh anggota karang taruna dalam pembangunan desa serta pemberian solusi atas ketidakaktifan tersebut. Adapun metode yang dipakai yakni pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data ialah wawancara serta didukung oleh dokumentasi. Sumber data penelitian ini berjumlah 50 orang serta teori yang digunakan ialah teori partisipasi politik yang dikemukakan oleh Morris Rossenberg dan Rush serta Altof. Hasil penelitian ini membahas faktor yang menyebabkan ketidakaktifan organisasi kepemudaan karang taruna dalam melakukan partisipasi politik terhadap pembangunan desa yakni seperti dianggap sebuah ancaman, aktivitas yang sia-sia, serta tidak adanya untuk memotivasi diri, upaya yang dilakukan oleh pemerintah desa dalam meningkatkan partisipasi politik pemuda ialah dengan seminar-seminar yang bertemakan pendidikan politik, serta menjalin kerja sama dengan pihak swasta dalam pemenuhan fasilitas. Kata Kunci: Partisipasi politik, Karang Taruna, Pembangunan Desa.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaanfisip@radenfatah.ac.id
Date Deposited: 27 Feb 2023 03:38
Last Modified: 27 Feb 2023 03:38
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/25497

Actions (login required)

View Item View Item