STRATEGI POLITIK DALAM PEMILIHAN KEPALA DESA (STUDI PEMENANGAN 3 KALI PEMILIHAN KEPALA DESA DI DESA MUARA BATUN KECAMATAN JEJAWI KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR SUMATERA SELATAN)

FIKRI, REZA HAIKAL (2022) STRATEGI POLITIK DALAM PEMILIHAN KEPALA DESA (STUDI PEMENANGAN 3 KALI PEMILIHAN KEPALA DESA DI DESA MUARA BATUN KECAMATAN JEJAWI KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR SUMATERA SELATAN). Undergraduate Thesis thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img] Text
SKRIPSI REZA HAIKAL FIKRI 1830702042.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Strategi politik dalam penelitian ini Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Politik kemenangan Junaidi dalam memenangkan 3 kali pemilihan kepala desa di Desa Muara Batun Kecamatan Jejawi Kabupaten Ogan Komering Ilir Sumatera Selatan Periode 2021-202. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori strategi pemenangan menurut Michael Rush dan Philip Akhthoff dalam menyusun strategi pemenangan, komunikasi dan sosialisasi politik sangat penting untuk dapat memberikan informasi dan pengaruh bagi masyarakat setempat. Jenis penelitian adalah Field research (penelitian lapangan) yaitu penelitian dengan mengamati langsung kelokasi penelitian dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa observasi, dokumentasi, dan wawancara kepada kepala desa, tim sukses, dan masyarakat. teknik analisis data reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian adanya strategi politik ofensif terdiri dari 2 (dua) yaitu strategi memperluas masa dan strategi menembus masa. strategi Junaidi melakukan pendekatan dengan cara silaturahmi langsung ke rumah masyarakat selain itu Junaidi juga melibatkan tim suksesnya dalam kegiatan silaturahminya itu dalam memenangkan pemilihan kepala desa di Desa Muara Batun, selain itu juga Junaidi menarik minat pemilih terutama pemilih pemuda, dikarenakan pemilih pemula masih sangat bisa dipengaruhi karena masih dalam kondisi labil dalam memilih. Strategi politik defensif yaitu mempertahankan masa. Strategi defensif yang dilakukan Junaidi yaitu membangun karakter personal merupakan strategi yang dilakukan junaidi. Modal selanjutnya yang menjadi pendukung kemenangan Junaidi adalah kepercayaan. Kemenangan Junaidi dalam pilkades selama dua periode berturut-turut sebuah modal bagi Junaidi untuk mendapatkan kepercayaan penuh kembali dan bukanlah hal yang mudah didapatkan oleh aktor politik lainnya. Kata kunci: Strategi Politik, Kepala Desa, 3 periode.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaanfisip@radenfatah.ac.id
Date Deposited: 27 Feb 2023 03:38
Last Modified: 27 Feb 2023 03:38
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/25498

Actions (login required)

View Item View Item