FITRI, SUNDARI EKA (2023) MAKNA SIMBOLIK PRIA DAN WANITA DALAM TRADISI PERNIKAHAN (ETNOGRAFI KOMUNIKASI PADA TRADISI METUDAU DI MASYARAKAT RANAU, OKU SELATAN) SKRIPSI. Undergraduate Thesis thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.
Text
SUNDARI EKA FITRI 1730701151.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna simbolik yang terkandung dalam prosesi pernikahan tradisi Metudau masyarakat Ranau OKU Selatan. Tujuan penelitian ini memberikan pengetahuan mengenai bagaiamana makna simbolik Pria dan Wanita di dalam prosesi pernikahan tradisi Metudau dan kontruksi makna dalam tradisi Metudau kepada masyarakat agar tidak hilang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis etnografi komunikasi memperoleh data serta keterangan yang diperlukan dengan cara obervasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti menggunakan Teori Interaksionisme Simbolik oleh George Herbert Mead yang memiliki tiga premis yaitu mind (pikiran), self (diri), society (Masyarakat), yang dijadikan acuan dalam menganalisis terbentuknya makna pada suatu simbol diperoleh melalui interaksi sosial diproses melalui pikiran, dicerminkan pada diri sendiri, lalu melibatkan masyarakat. Hasil penelitian Tradisi Metudau/Bujujokh membentuk norma/pranata sosial dan adab sesuai syariat agama dan mencegah terjadinya penyimpangan norma. Nenek moyang juga ingin membentuk generasi yang berkarakter, karena masyarakat Ranau percaya bahwa anak-anak yang dididik sesuai adat dan budaya dimana mereka dilahirkan akan menciptakan adab, norma dan karakter. Kata kunci : Pernikahan, Makna Simbolik, Metudau, Bejujokh, Interaksionisme Simbolik
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Unnamed user with email perpustakaanfisip@radenfatah.ac.id |
Date Deposited: | 27 Feb 2023 01:43 |
Last Modified: | 27 Feb 2023 01:43 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/25499 |
Actions (login required)
View Item |