STUDY EKOLOGI SERANGGA AERIAL LAHAN GAMBUT PASCA KEBAKARAN DIKAWASAN KONSERVASI SUAKA MARGASATWA (SM)PADANG SUGIHAN KABUPATEN BANYUASIN SUMATERA SELATAN

Khoriah, Siti and Falahudin, Irham and Tondi, Muhammad Lufika (2021) STUDY EKOLOGI SERANGGA AERIAL LAHAN GAMBUT PASCA KEBAKARAN DIKAWASAN KONSERVASI SUAKA MARGASATWA (SM)PADANG SUGIHAN KABUPATEN BANYUASIN SUMATERA SELATAN. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
1r4ju7CeZ2YON5-jsEBz3SNOYzKTOuZ03
Restricted to Registered users only

Download (271kB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Lahan gambut merupakan salah satu ekosistem lahan basah yang unik dengan keanekaragaman flora dan fauna yang melimpah. Salah satunya keberadaan fauna tersebut adalah serangga aerial. Serangga aerial merupakan spesies serangga yang memang peran penting dalam keseimbangan ekosistem, memiliki sensitifivitas yang tinggi terhadap perubahan lingkungan sehingga cocok dijadikan sebagai bioindikator. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Indeks Keanekaragaman (H’) dan peran ekologi serangga aerial di lahan gambut pasca kebakaran di Kawasan Konservasi Suaka Margasatwa (SM) Padang Sugihan. Metode yang digunakan eksploratif (pengamatan langsung) penentuan titik lokasi menggunakan metode sampling random. Pengambilan data serangga aerial dibagi menjadi 2 stasiun yaitu stasiun 1 area restorasi dan stasiun 2 area dekat aktifitas manusia. Pengumpulan data menggunakan metode Light trap, Sweep net dan Yellow trap. Pengambilan sampel dilaksanakan pada bulan februari 2021 dilanjut identifikasi di Laboratorium Biologi Dasar Fakultas Sains dan Teknologi (UIN) Raden Fatah Palembang. Hasil yang ditemukan di analisis menggunakan Indeks Keanekaragaman Shannon-Wiener, Indeks Kemerataan dan Indeks Dominansi. Ditemukan 16 spesies diantaranya; Choealthis conspersa, L.clivicollis, D.fuscinervosus, Somatochora artctica, Compsodes schwarzi, Aedes sollicitans, Derodontus maculantus, Oecophylla sp, Sympetrum corruptum, Blissus leucopterus, O.pseudotsugata, Mantis religiosa, Megachile latimatus, Othophagus taurus, Cholrion aerarium, Vespidae affinis. Umumnya spesies yang banyak ditemukan pada kedua stasiun adalah Orthopagus taurus. Dengan nilai Indeks Keanekaragaman (H’) kategori sedang (1≤3), Indeks Kemerataan dalam kategori tinggi (E≥0,6), dan Indeks Dominansi dalam kategori rendah (≤1) Kata Kunci: Serangga Aerial, Lahan Gambut, dan Indeks Keanekaragaman (H’)

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Serangga Aerial, Lahan Gambut, dan Indeks Keanekaragaman (H’)
Subjects: Sains dan Teknologi > Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 46201 - Biologi
Depositing User: SITI KHOIRIAH 1730801038
Date Deposited: 27 Feb 2023 03:37
Last Modified: 27 Feb 2023 03:37
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/25515

Actions (login required)

View Item View Item