KOMUNIKASI DALAM PELAYANAN PUBLIK (Studi pada Unit Pelaksanaan Teknis Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kecamatan Talang Kelapa Kabupaten Banyuasin)

WINDISARI, MESSY (2023) KOMUNIKASI DALAM PELAYANAN PUBLIK (Studi pada Unit Pelaksanaan Teknis Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kecamatan Talang Kelapa Kabupaten Banyuasin). Undergraduate Thesis thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img] Text
MESSY WINDISARI 1910701005.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Komunikasi pelayanan publik memiliki peran sangat penting untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat, maka dari itu pihak komunikator dalam pelayanan harus dapat memberikan informasi yang dapat dipahami oleh masyarakat. Untuk itu pola komunikasi sangat diperlukan dalam proses pelayanan. Pemerintah menjadi peran penting dalam memenuhi kebutuhan masyarakat. Unsur yang paling penting dalam komunikasi publik yaitu pihak komunikator sehingga informasi yang disampaikan dalam proses komunikasi sesuai dengan kemampuan petugas pelayanan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pola komunikasi dalam pelayanan publik di Unit Pelaksanaan Teknis Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Banyuasin Kecamatan Talang Kelapa. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif sebagai bentuk analisa dan pembahasan dengan teknik pengumpulan data dengan menggunakan instrument berupa observasi,wawancara dan dokumentasi. Teori yang digunakan yaitu teori atribusi. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan karena data diperoleh langsung dari responden dari pegawai dan masyarakat Talang Kelapa. Hasil penelitian menunjukan bahwa pola komunikasi pada Unit Pelaksanaan Teknis Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kecamatan Talang Kelapa telah dilaksanakan dengan baik sudah berjalan sesuai dengan prosedur pelayanan. media komunikasi yang digunakan cukup baik seperti poster, banner serta menggunakan media sosial. Dan dengan menciptakan inovasi baru ini dapat mempermudahkan masyarakat untuk proses pelayanan dengan adanya layanan ketuk pintu dan jemput bola ini dapat memberikan kemudahan kepada masyarakat yang tidak mampu melakukan administrasi sendiri. Hal tersebut dapat memberikan kepercayaan kepada masyarakat terhadap Unit Pelaksanaan Teknis Dinas Kecamatan Talang Kelapa Kabupaten Banyuasin. Kata Kunci :Pola Komunikasi, Prosedur pelayanan, Media komunikasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaanfisip@radenfatah.ac.id
Date Deposited: 27 Feb 2023 03:37
Last Modified: 27 Feb 2023 03:37
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/25518

Actions (login required)

View Item View Item