REPRESENTASI MASKULINITAS DALAM IKLAN (Studi Semiotika Tentang Representasi Maskulinitas Dalam Iklan Shampoo Pantene Versi Keanu Agl)

Nurfadilla, Siti Masnun (2022) REPRESENTASI MASKULINITAS DALAM IKLAN (Studi Semiotika Tentang Representasi Maskulinitas Dalam Iklan Shampoo Pantene Versi Keanu Agl). Undergraduate Thesis thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img] Text
SITI MASNUN NURFADILLA 1730701147.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Selebgram Keanu Agl sebagai bintang iklan sebuah produk shampo saat ini. Nampak beda, duta shampo yang biasanya memakai jasa perempuan kali ini menggunakan sosok pria yang dianggap nyentrik. Dalam segi ekonomi bisnis, hal ini menjadi bahasan yang menarik untuk dikulik karena berhubungan dengan brand image atau citra sebuah produk. Penelitian ini dilakukan karena belum banyak penelitian akan sisi maskulinitas terhadap iklan-iklan di Indonesia dan diharapkan memberikan pemahaman tentang representasi identitas maskulin terhadap iklan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dan analisis semiotika model Roland Barthes yang menjabarkan makna tanda denotasi, konotasi dan mitos. Peneliti mengaplikasikan model semiotika Barthes terhadap iklan. Temuan penelitian ini menemukan beberapa tanda denotasi konotasi dan mitos dari iklan tersebut diperoleh kesimpulan bahwa Representasi denotasi pada iklan terdapat masukulinitas yang dimiliki oleh Keanu Agl dalam iklan. Sisi representasi di dalam iklan shampoo pantene ditunjukkan oleh Keanu Agl yang berambut panjang tersebut seperti, cuek dalam penampilan, berjiwa yang tangguh, dengan tatapan yang tajam, dan sikap yang percaya diri. Representasi konotasi pada iklan terdapat masukulinitas yang dimiliki oleh Keanu Agl dalam iklan. Laki-laki digambarkan sebagai tokoh yang maskulin, walaupun mempunyai sikap yang feminim akan tetapi Keanu sejatinya adalah laki-laki. Representasi mitos pada iklan terdapat masukulinitas yang dimiliki oleh Keanu Agl dalam iklan. Yang kita tau munculnya iklan shampoo pantene selalu dipercayakan pada brand ambasador yang selalu cantik, putih, tinggi, langsing, seperti Anggun C Sasmi. Biarpun demikian laki-laki (Keanu Agl) dapat mematahkan stereotif tersebut. Kata kunci : Iklan, Semiotika, Maskulinitas

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaanfisip@radenfatah.ac.id
Date Deposited: 01 Mar 2023 01:22
Last Modified: 01 Mar 2023 01:22
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/25557

Actions (login required)

View Item View Item